1 PENDEKATAN ASPEK SPIRITUAL DALAM MENYIAPKAN MENTAL SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Iwan Hermawan
  • Oyoh Bariyah
  • Ibrahim Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v11i24.114

Abstrak

Ujian Nasional (UN) kerap menjadi momok yang menakutkan bagi banyak siswa. Banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan untuk sukses menghadapi UN. Baik itu upaya jelek atau upaya yang baik. Para siswa itu rela mengikuti les-les seharian penuh bahkan ada yang sampai malam. Mereka rela mengikuti hal tersebut untuk mendapatkan selembar kertas yang berisi angka-angka yang melebihi standar kelulusan. Bahkan untuk mensukseskan UN, tak jarang para siswa maupun guru melakukan kecurangan-kecurangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya madrasah aliyah negeri se-kabupaten Karawang menyiapkan mental siswa melalui pendekatan aspek spiritual dan pengaruh pendekatan aspek spiritual dalam menyiapkan mental siswa menghadapi ujian nasional di madrasah aliyah se-kabupaten karawang.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, penyebaran angket, wawancara dan kepustakaan. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya diadakan pengolahan dan analisa data.Untuk data hasil observasi digunakan penafsiran logika, data hasil angket digunakan skala prosentasi, data hasil wawancara dijadikan sebagai pembanding dari hasil data angket, sedangkan data kepustakaan dijadikan sebagai referensi kegiatan.
Hasil penemuan dari penelitian tentang upaya madrasah aliyah negeri se-kabupaten Karawang menyiapkan mental siswa melalui pendekatan aspek spiritual ini membuktikan bahwa keberadaannya mampu memberikan tambahan bagi kesiapan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2012-09-01

Cara Mengutip

Hermawan, I., Bariyah, O., & Ibrahim, I. (2012). 1 PENDEKATAN ASPEK SPIRITUAL DALAM MENYIAPKAN MENTAL SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(24). https://doi.org/10.35706/solusi.v11i24.114