PERANCANGAN TATA LETAK PROYEKTOR YANG ERGONOMIS PADA RUANG KULIAH UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Penulis

  • Sukanta Sukanta
  • Winarno Winarno

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v9i18.13

Abstrak

Proses pembelajaran yang lebih efektif dalam suatu ruang belajar adalah harus didukung oleh sarana-sarana proses pembelajaran yang lengkap. Salah satu sarana proses pembelajaran adalah proyektor yang ditempatkan pada ruang kelas yang permanen agar proses pengoperasianya lebih sederhana dan mengurangi tingkat resiko terhadap kerusakan proyektor. Untuk pemasangan dan instalasi proyektor yang ergonomis bagi pengguna, maka diperlukan suatu kajian agar hasil penempatan (tata letak) dan instalasi proyektor nyaman bagi penggunanya. Hasil kajian melalui perancangan tata letak proyektor yang ergonomis dibutuhkan data-data dan analisa tentang tinggi mata duduk (TMD), tinggi mata berdiri (TMB) dan jangkauan tangan ke atas (JTA) dengan sampel masing-masing hasil pengukuran 200 data. Hasil pengujian keseragaman, kenormalan dan kecukupan data untuk masing-masing variable tersebut sudah cukup. Kemudian dilakukan uji persentil 5 (P5), persentil 50 (P50) dan persentil 95 (P95) dengan hasil yang optimal dari semua hasil ukuran dengan ketinggian stop kontak 153,71 cm dari lantai, ketinggian proyektor 233.15 cm dari lantai, ketinggian layar display/screen 130.89 cm dari lantai, Jarak proyektor ke screen disesuaikan dengan spesifikasi proyektor yang 196 cm dan tegak lurus menghadap screen dan jarak atap dengan proyektor 110 cm.
Kata kunci : tata letak proyektor, ergonomis,

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kroemer, K.H.E., Kroemer, H.B., dan Kroemer-Elbert, K.E (2001), Ergonomics : How to design for ease and efficiency, Prentice Hall, Second Edition, New Jersey.

Marcella Lawiarso, Wawan Yudiantyo, dan Lestari Yuli Hastuti, (2004), Analisis Ergonomis Serta Usulan Perbaikan Terhadap Fasilitas Dan Lingkungan Non Fisik Pada Laboratorium Komputer Di Ruang A301 Gedung Administrasi Pusat Universitas Kristen Maranatha, Jurnal Teknik.

Woodson, Wesley E., Tillman Barry, Tillman Peggy, (1992), Human Factors Design Handbook : Information and Guidelines for the design systems, facilities, equipment, and products for human use, Mc Graw Hill, Second Edition, New York.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-03-01

Cara Mengutip

Sukanta, S., & Winarno, W. (2011). PERANCANGAN TATA LETAK PROYEKTOR YANG ERGONOMIS PADA RUANG KULIAH UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 9(18). https://doi.org/10.35706/solusi.v9i18.13