DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENYISIPAN BIT PADA METODE SELECT LEAST SIGNIFICANT BITS (SLSB) DALAM STEGANOGRAFI

Penulis

  • Mohamad Jajuli
  • Dudi Nurkifli

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.170

Abstrak

Penelitian ini membahas steganografi dengan skema Select Least Significant Bits (SLSB) dengan  pesan teks yang akan disisipkan berupa pesan asli Proses-proses yang ada pada aplikasi adalah proses penyisipan satu bit per pixel, dua bit per pixel. Pengujian untuk mengetahui kehandalan gambar steganografi: Analisis histogram, RS Analisis dan pengujian kualitas Citra.Pengujian dengan histogram tidak mampu mendeteksi gambar steganografi, dari sepuluh pengujian pada gambar bertipe bitmap seluruh histogram dari gambar hasil steganografi tidak jauh berbeda dengan histogram gambar asli. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan RS Analisis untuk mengetahui presentase nilai estimasi pendeteksian pesan yang disisipkan pada gambar.Hasil pengujian dengan RS Analisis, nilai estimasi pendeteksian pesan pada gambar steganografi tidak jauh berbeda dengan nilai estimasi dari gambar asli.Pengujian yang terakhir menggunakan pengujian kualitas citra secara obyektif berdasarkan batas error pada citra. Parameter pengujian kualitas citra: Mean Square Error (MSE), Peak Signal to Noise Ratio (PSNR in dB), Normalized Cross-Correlation (NCC), Average Difference (AD), Structural Content (SC), Maximum Difference (MD), Normalized Absolute Error (NAE). Pengujian kualitas citra menunjukkan semua gambar steganografi memiliki nilai batas error yang tidak jauh berbeda dengan nilai batas error dari gambar asli.

 

Kata Kunci: Selected Least Significant Bits (SLSB), Histogram, Steganalisis, RS analisis, Pengujian Kualitas Citra.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amirtharajan, R., Akila, R., dan Deepikachowdavarapu, P., 2007, A Comparative Analysis of Image Steganography, in International Jurnal of Computer Applications, 2, 3, India.

Anneria, Y.S, 2008, Program Stegonalis Metode LSB pada Citra dengan Enhanced LSB, Uji Chi-Square, dan RS-Analysis,Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika ITB, Bandung.

Chen, W., 2005, Study of Steganalysis Methods, Thesis, Master of Science Electrical Engineering, Newark.

Cox, I. J., Miller, M. L., Bloom, J. A., Fridrich, J., dan Kalker, T., 2008, Digital Watermarking and Steganography, 2nd edition, Morgan Kuffman Publisher, Virginia.

Fridrich, J., dan Goljan, M., 2002, Practical Steganalysis of Digital Images – State of The Art, Department of Electrical Engineering, Binghamton.

Gonzalez, R. C., dan Woods, R. E., 2007, Digital Image Processing, 3rd edition, Pearson Prentice Hall, USA.

Jagdale, B. N., Bedi, R. K., dan Desai, S., 2010, Securing MMS with High Performance Elliptic Curve Cryptography, in International Jurnal of Computer Application, India.

José, J. R., dan Maria, J. M., 2010, SLSB: Improving the Steganographic Algorithm LSB, Spain.

Kharrazi, M., Secaner, H. S., dan Memon, N., 2006, Improving Steganalysis by Fusion Technique: A Case Study with Image Steganography, Polytechnic University Brooklyn, USA.

Manglem, Kh. S., Birendra, S. S., dan Shyam, L. S. S., 2007, Hiding Encrypted Message in Features Image, IJCSNS, 7, 4, India.

Morkel, T., Eloff, J. H. P., dan Olivier, M.S., 2005, An Overview of Image Steganography, ICSA Research Group, Department Computer Science Pretoria, South Africa.

Sakaludee, R., dan Udomhunsakul, S., 2007, Objective Performance of Compressed Image Quality Assessments, in International Jurnal of Electrical and Computer Engineering, 2, 4, India.

Vora, V. S., Suthar, A. C., Makwana, Y. N., dan Davda, S.J., 2010, Analysis of Compressed Image Quality Assessments, M.Tech Student in E &C Dept, CCET, Wadhwan-Gujarat.

Wahyudi, H., 2010, Penyembunyian Data Terenkripsi Chaos Pada Citra DigitalMenggunakan Metode LSB Berdasarkan Skema Kode Hamming (7, 4), S2 Ilmu Komputer UGM

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-03-01

Cara Mengutip

Jajuli, M., & Nurkifli, D. (2015). DESAIN DAN IMPLEMENTASI PENYISIPAN BIT PADA METODE SELECT LEAST SIGNIFICANT BITS (SLSB) DALAM STEGANOGRAFI. Majalah Ilmiah SOLUSI, 2(05). https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.170