ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG TERKAIT DENGAN PERSIAPAN TRANSFORMASI ORGANISASI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Eka Yulyana

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.178

Abstrak

Bappeda sebagai Institusi perencana, yang mempunyai tugas dan fungsi strategis yaitu terkait fungsi perencanaan pembangunan dituntut untuk merumuskan perencanaan pembangunan yang menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

            Transformasi organisasi Bappeda mempunyai makna yang lebih besar dari sekedar perubahan manajemen organisasi maupun tata kelola organisasi, karena dalam upaya pengembangan PNS saat ini digunakan pendekatan competence based human resources development. Selain itu, saat ini pekerjaan di organisasi sektor modern mulai berubah pada pekerjaan yang berbasis pengetahuan (knowledge-based works) dan kebutuhan SDM ke arah SDM yang berpengetahuan (knowledge workers), dan pengembangan SDM di internal organisasinya agar lebih profesional.

            Peneliti memilih fokus objek penelitian yaitu pada Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Karawang dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.

            Perubahan organisasi pada Bappeda khususnya Bappeda Kabupaten Karawang memerlukan persiapan yang optimal. Kepemimpinan  dalam tubuh Bappeda Kabupaten Karawang berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk kepemimpinan oleh pimpinan tertinggi (top leader) yaitu Kepala Bappeda telah menerapkan pola kepemimpinan transformasional mendukung terhadap perubahan. Budaya organisasi di Bappeda Kabupaten Karawang secara bertahap perlu diubah menjadi budaya profesional brotherhood dan keterbukaan. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan mengikutsertakan pendidikan dan latihan terkait perencana, penempatan pegawai yang dilakukan oleh BKD harus menerapkan pola “the right man on the right placeâ€.

 

Kata Kunci :     Transformasi  Organisasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Sumber Daya Manusia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ancona, Deborah, Thomas A. Kochan, Maurean Scully, John Van Maanen and E. Eleanor Westney. 2005. Managing for the Future: Organizational Behavior and Processes. Ohio: South-Western College Publishing.

Conyers, Diana and Peter Hills. 1984. An Introduction to Planning in the Third World. New York: John Wiley and Sons.

Daszko, M., and Sheinberg, S. 2007. Survival is optional: Only leaders with new knowledge can lead the transformation. Retrieved January 7, 2010 from http://www.mdaszko.com/theoryoftransformation_final_to_short_article_apr05.pdf

Gouillart, Francis J. and James N. Kelly. 1995. Transforming The Organization: Reframing Corporate Direction, Restructuring the Company, Revitalizing the Enterprise and Renewing People. New York: Mc Graw Hill Inc.

Kartasasmita, Ginandjar. 1994. Administrasi Pembangunan, Perkembangan Pemikiran dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Osborne, David and Peter Plastrik. 2000. Banishing Bureaucracy: The Five Strategies for Reinventing Government. New York, USA: Penguin Group.

Rouse, William B. 2005. A Theory of Enterprise Transformation. Atlanta: Tanenbaum Institute.

Siagian, Sondang P. 2006. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi, J. 2005. Manajemen Perubahan (Management of Change). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-03-01

Cara Mengutip

Yulyana, E. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG TERKAIT DENGAN PERSIAPAN TRANSFORMASI ORGANISASI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 2(05). https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.178