PENGGUNAAN LEMBAR KERJA (LK) TERBUKA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPDAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM

Penulis

  • Yusi Ardiyanti

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.34

Abstrak

Pengembangan pengajaran di sekolah pada umumnya hanya terbatas pada penalaran verbal dan pemikiran logis, pada tugas-tugas yang hanya menuntut pemikiran konvergen yaitu pemikiran menuju satu jawaban tunggal, berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan LK terbuka terhadap peningkatan pemahaman konsepdan berpikir kreatif siswa pada mata kuliah biologi umum?â€. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eskperimen dengan subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika semsester II, yang dipilih sebanyak 2 kelas secara purposive sampling. Hasil yang didapat dalam penelitian ini disimpulkan Pembelajaran dengan menggunakan LK terbuka dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa; peningkatan berdasarkan gain sebesar 0,37 (kategori sedang).Pembelajaran dengan menggunakan LK terbuka dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa; peningkatan tertinggi berdasarkan gain sebesar 0,36 (kategori sedang).
Kata kunci: Lembar kerja, Pemahaman konsep, berfikir kreatif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Carin, Arthur A.& RobertSund. (1985). Teaching Science Through Discovery 5th ed. Colombus: Charles MerrilPubi. Co.

Hidayah, Isti, dkk. (2007). Workshop Pendidikan Matematika 2. Semarang: Jurusan Matematika UNNES.

Munandar.S.C.U. (1999).Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah.Jakarta:Gramedia.

Roswita, Wan. (2005). Pengaruh pemberian Tugas secara Individu dan Kelompok Melalui Lembar Kerja terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkungan dan Pencemaran di SMA. Bandung: Tesis UPI.

Surachman. (1998). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta. Diktat. Jurdik Biologi FPMIPA IKIP Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Suroso,AY. (2006). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera.

Suyitno, Amin, dkk.(1997). Dasardan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA Unnes.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Ardiyanti, Y. (2015). PENGGUNAAN LEMBAR KERJA (LK) TERBUKA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPDAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(01). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.34