ANALISIS DETERMINASI MODEL PROYEKTOR UNTUK LINGKUNGAN UNSIKA

Penulis

  • Ade Momon

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v9i17.4

Abstrak

Sebagai akibat banyaknya merek, jenis dan tipe proyektor yang beredar di pasaran, menyebabkan semakin sulitnya konsumen/user dalam menentukan pilihan terbaiknya terhadap proyektor yang benar-benar sesuai dan cocok dengan kebutuhan konsumen. Kondisi ini menuntut konsumen untuk cerdas dan berpikir lebih seksama dalam menentukan atau memutuskan penggunaan produk proyektor. Namun demikian konsumen dihadapkan dengan variatifnya jenis produk, sementara disisi lain konsumen sangat terbatas dengan knowledge product sehingga konsumen menghadapi kesulitan yang cukup signifikan dalam memutuskan pilihan terhadap suatu produk proyektor.
Dalam hal ini, terjadi di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dimana dalam menentukan proyektor untuk mendukung pelaksanaan PBM mengalami beberapa kendala yang cukup berarti. Bertitik tolak dari hal tersebut selanjutnya dilakukan penelitian yang berkaitan dengan determinasi pemilihan proyektor yang benar-benar sesuai dengan situasi kondisi Unsika saat ini dan kedepan.
Berbekal bantuan model atau metode untuk pemilihan alternatif pengambilan keputusan yaitu model analytical hierarchy process, dengan memperhatikan beberapa kriteria proyektor seperti tampilan, kehadalan dan konsumsi daya listrik, dengan didasarkan kepada beberapa alternatif pilihan merek proyektor yang ditawarkan dengan sfesifikasi resolusi pada tingkat SVGA. Akhirnya dapat ditentukan bahwa merek proyektor yang sesuai untuk lingkungan Unsika adalah mengikuti urutan prioritas Merek BenQ, merek Acer merek Sony dan merek Infocus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Saaty, Thomas L,: 1988, “Decision Making for Leaders The Analytical Hierarchi Process for Decisions in a Complex World. Pittsburgh, University of Pittsburgh.

Sugiyono ; 2002, “ Statistika untuk Penelitian “ Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suryadi, Kadarsah, DR, Ir, : 1998, “Sistem Pendukung Keputusan. Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Walpole Ronald E : 1984, “Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan†Edisi Keempat, Penerbit ITB Bandung.

----------, Jual proyektor, http://www.bhinneka.com/aspx/bhindexpc.aspx

----------, Pengertian dan Definisi Tegangan, http://astriyunfia.wordpress.com/2009/02/26/tegangan-arus-dan-power/

----------, Memilih proyektor, http://www.limko-indonesia.com/news/1/Memilih-proyektor

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-02-01

Cara Mengutip

Momon, A. (2011). ANALISIS DETERMINASI MODEL PROYEKTOR UNTUK LINGKUNGAN UNSIKA. Majalah Ilmiah SOLUSI, 9(17). https://doi.org/10.35706/solusi.v9i17.4