PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI PINAYUNGAN III KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Darmaji Darmaji

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i02.51

Abstrak

Tujuan penelitian dirumuskan dengan maksud untuk mengarahkan dan mengumpulkan data yang diperlukan dalam pencapaian tujuan penelitian, tujuan penelitiannya adalah, untuk mengungkapkan data tentang proses pembelajaran kursus Bahasa Inggris dan untuk mengungkapkan data tentang hasil yang telah diperoleh siswa-siswi SD Negeri Pinayungan III pada proses pembelajaran Kursus Bahasa Inggris di SD Negeri Pinayungan III Desa Pinayungan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipatif dengan menggunakan metode studi kasus yaitu utuk mencari informasi tentang prosedur pelaksanaan program kursus yang meliputi, analisis kebutuhan pembelajaran, penentuan tujuan pembelajaran, dan cara penyampaian materi. Dalam penelitian ini subyek yang akan diteliti terdiri dari dua bagian, pertama, sebagai sumber informasdan sumber informan. Penggunaan purposive sampling adalah untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan tujuan peneliti. Subjek yang sesuai dengan tujuan penelitian adalah empat orang warga belajar dan peneliti mengadakan triangulasi dengan salah seorang pengurus, dan seorang tutor yang memberikan materi pembelajaran kursus Bahasa Inggris di SD Negeri Pinayungan III, dengan demikian jumlah subyek penelitian adalah 6 orang.
Hasil yang telah dicapai oleh warga belajar dalam kursus Bahasa Inggris, telah menunjukkan hasil yang cukup baik. peserta yang telah mengikuti kursus telah memiliki pengetahuan dan sikap serta keterampilan dalam bidang bahasa inggris setingkat sekolah dasar, terutama dalam pelajaran bahasa Inggris untuk menunjang kompetensi siswa dalam kemampuan berbahasa innggris dengan baik.
Tujuan dari kursus Bahasa Inggris di SD Negeri Pinayungan III adalah untuk mendidik warga belajar sebagai siswa di Sekolah Dasar agar cerdas dan terampil serta memperoleh kemampuan dasar bahasa Inggris yang menjadi tuntutan kurikulum saat ini. Untuk mencapai tujuan tersebut hendakanya penyelenggara, tutor serta warga belajar harus menunjukan sinergitas yang baik, baik dari segi persiapan, pelaksanaan, serta tindak lanjut setelah pembelajaran tersebut selesai.
Kata Kunci : Pembelajaran Kursus Bahasa Inggeris

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bogdan, R. dan Taylor, S. J. (1993). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, D. (2004), Pendidikan Luar Sekolah (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas. Bandung, Nusantara Press.

Sudjana, D. (2004), Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif Pendidikan Luar Sekolah, Bandung, Nusantara Press.

Margono, S, (2004), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta. Moleong Lexi J. (1988). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nasution. (1992). Metode Research. Bandung: Jemmars.

_______. (1988). Metode Penelitian Naturalistik. Bandung: Tarsito

Artasasmita, R. (1985), Pengantar Kursus dan Latihan, Bandung, FIP IKIP Bandung.

Hamijoyo, S. (1973), Pendidikan Nonformal, Bandung, IKIP.

______________, (1981), Pendidikan Luar Sekolah, Surabaya, Usaha Nasional.

Arikunto, S. (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Trisnamansyah, S. (1987), Pendidikan Kemasyarakatan (Pendidikan Luar Sekolah), Bandung, IKIP.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Darmaji, D. (2015). PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI PINAYUNGAN III KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(02). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i02.51