Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes

Penulis

  • Resty Gustiawati
  • Fahrudin Fahrudin
  • Muhamad Mury Stafei

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Implementasi Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes di SMP PGRI Pangkalan Tegalwaru Kabupaten Karawangâ€.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes pada Guru Penjasorkes di SMP PGRI Pangkalan Tegalwaru Kabupaten Karawang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan jenis etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang informan dari guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Pertama di wilayah Karawang Selatan.
Dari hasil analisa data penelitian yaitu yaitu implementasi model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran pada guru penjasorkes SMP PGRI Pangkalan Kecamatan Tegalwaru Karawang belum diimplementasikan ke dalam proses pembelajaran sehingga peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran belum optimal.
1. Penerapan Model-Model Pembelajaran Penjasorkes Oleh Guru Penjas di SMP PGRI Pangkalan Kecamatan Tegalwaru Karawang dapat dinyatakan belum menerapkan modelmodel pembelajaran penjas di dalam proses pembelajaran di lapangan. Dengan fakta guru belum dapat menyebutkan jenis-jenis model pembelajaran dan menjelaskan penerapannya di lapangan. Sehingga guru belum dapat menerapkan dan menyajikan materi pembelajaran secara khas kepada siswa.
2. Kemampuan Guru Penjasorkes Dalam Memilih Dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pada SMP PGRI Pangkalan Kecamatan Tegalwaru Karawang dapat dinyatakan guru memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran penjas dilapangan. Guru mengetahui strategi pengorganisasian pembelajaran dan mengetahui istilah-istilah dalam strategi pembelajaran.
Kata Kunci: Model-model Pembelajaran Penjas, Kemampuan Guru Memilih dan
Mengembangkan Strategi Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adang Suherman. 2009. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Alternatif Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran dalam Pengajaran Penjas, Bandung: FPOK UPI.

Djam’an Sutori. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar.

Bandung: Tarsito

Hamzah B. Uno . 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani, Bandung: Alfabeta.

Ibrahim R, Syaodih S Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Joyce Bruce. Et al. 2000. Models of Teaching. 6th Ed. Allyn & Bacon: London

Masri Singarimbun. 2006. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES Indonesia.

M. Ngalim Purwanto. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Nazir. 2003. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Pemula, Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Ke Dua. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani, Bandung: Nuansa. Resty Gustiawati Dkk, Implementasi Model-Model Pembelajaran .....

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2015). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55