Penelusuran Minat Baca Karya Sastra Prosa: Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang.

Penulis

  • Anisa Risatyah
  • Mobit Mobit

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.56

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca karya sastra prosa dan faktor-faktor yang memengaruhi minat baca tersebut pada mahasiswa semester VI prodi Bahasa Inggris UNSIKA. Jenis penelitian studi kasus diterapkan untuk menggali data yang diperlukan. Tiga partisipan dipilih secara purposive sampling dengan komposisi masing-masing satu partisipan dengan nilai Exploring Prose tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Dari penelitian ini ditemukan bahwa minat baca karya sastra prosa mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unsika yang diwakili tiga partisipan bervariasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Faktor- faktor yang memengaruhi minat baca karya sastra prosa yaitu respon terhadap bacaan, waktu membaca, pemilihan bahan bacaan, kemampuan membaca, dan gaya belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memetakan konsep pembelajaran mata kuliah Exploring Prose dan sebagai informasi awal tentang minat baca mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNSIKA.
Kata kunci: minat baca, prosa, studi kasus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Lightbown, Patsy M. dan Nina Spada. (2003). How Languages Are Learned. Oxford: Oxford University Press.

Johan, A. Ghani. (2003). Reading and Translation: Pelajaran Membaca dan

Menterjemahkan Bahasa Inggris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Hardianto, Deni. Studi tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. artikel online, diakses pada 26 Juni 2014.

Harmer, Jeremy. (2006). How to Teach English. Essex: Pearson-Longman.

Nur F. (2012). Tinjauan tentang Minat Baca. Artikel elektronik, diakses 10 Nopember 2013.

Pertiwi, Dwi Aji Dian. (2012). Pengaruh Minat dan Motivasi Baca Terhadap Kemampuan Meresepsi Cerpen: Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri se-Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

www. blogdetik.com, diakses 10 Nopember 2013. www.asemmanis.blogspot.com, diakses pada 10 Nopember 2013.

Esten, Mursal. (1978). Kesusatraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Damono, Sapardi Joko. (1979). Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Taum, Yosep Y. (1997). Pengantar Teori Sastra. Ende: Penerbit Nusa Indah.

Harris, A.J dan Edward R. Sipay. (1980). How to Increase Reading Ability: A Guide to Developmental and Remedies Methods. Longman.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Risatyah, A., & Mobit, M. (2015). Penelusuran Minat Baca Karya Sastra Prosa: Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.56