ANALISIS PENGELOLAAN DAN INTERAKSI KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v1i04.67Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan dan interaksi kelas oleh dosen dalam mengajar bahasa Inggis serta respon mahasiswa terhadap interaksi dosen dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di prodi Pendidikan Bahasa Inggris semester 4, FKIP UNSIKA. Dalam pengambilan data, wawancara dilakukan kepada satu dosen dan 5 mahasiswa yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu sedangkan observasi dilakukan di satu kelas untuk mengamati proses belajar mengajar. Secara keseluruhan proses pengelolaan kelas oleh dosen dalam mengajar berjalan dengan cukup baik. Selain itu baik dosen juga menerapkan aspek-aspek yang berkaitan dengan pengelolaan kelas seperti movement (proximity, aprociacy, movement, awareness), mantaining discipline (before and after problem), giving feedback (written, oral, positif and negative), dan seating arrangemen. Sementara itu, respon mahasiswa terhadap interaksi yang dilakukan dosen cukup positif. Hal ini disebabkan oleh perlakuan dosen yang baik pula terhadap mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi tenang dan rileks dalam belajar. Selain itu mahasiswa juga menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk aktif dikelas karena dorongan dan pujian dari dosen. Hal ini membuat interaksi antara dosen dan mahasiswa di kelas menjadi terbangun dan lebih hidup.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, interaksi kelas, pengajaran bahasa.
Unduhan
Referensi
Brock, C. 1986. The Effects of Referential Question on ESL Classroom Discourse. TESOL Quarterly, 20(1) 47-59 Brown, H. D. 1994. Principles of Language Learning and Teaching. 3rd edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents
Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
Gebhard, J. G. 2000. Teaching English as a Foreign or Second Language. USA: The University of Michigan Press.
Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. 3rd Edition. London: Pearson Education Ltd.
Harmer, J. 2007. How to Teach English. China: Pearson Education Ltd Jackson, P.W. 1968. Life in Classrooms. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Miles, M.B., & Huberman, M.A. 1994. Qualitative Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage.
Moskowitz, G., dan Hayman, J.L., Jr. 1976. Succes Strategies of Inner-city teachers: A year-long study. Journal of Educational Research, 69, 283-289.
Shakila, N. 2009. Teaching Methods and Classroom Management: An Observation. BRAC University of Dhaka: Department of English and Humanities
Ur, P. 2012. A Course in English Language Teaching. Cambridge University Press.