PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP AKURASI PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA

Penulis

  • Muhammad Aqmal Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudha M Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Respaty Mulyanto Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model direct instruction terhadap akuarasi passing pada permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan sampel ekstrakulikuler di salah satu sekolah dasar. Model pembelajaran sangat penting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan passing sepak bola kemampuan siswa sekolah dasar, karena masih ada banyak yang berlatih teknik passing sepak bola dengan asal atau tidak maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan, dengan intensitas pertemuan 4 kali dalam seminggu, total 3 minggu. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest.Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dari anggota yang mengikuti ekstrakulikuler sepak bola. Hal ini terlihat dari pelaksanaan penelitian bahwa tes akhir lebih baik dari tes awal. Dapat disimpulkan model Direct Introduction berpengaruh untuk mempelajari akurasi passing sepak bola.  Hal ini terlihat dari peningkatan hasil pretest pada saat posttest.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Muhammad Aqmal Hidayat, Yudha M Saputra, & Respaty Mulyanto. (2024). PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP AKURASI PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 7(01), 33–40. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/11230