EFEKTIVITAS PENGUNAAN COUNTER DOWN SEBAGAI MEDIA HITUNG SENAM BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU SLB SANTI MULIA SURABAYA

Authors

  • Habibi Hadi Wijaya Universities Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1435

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengunaan counter sebagai media hitung senam penyandang tuna rungu SLB santi mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan media video. Analisa data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian mengenai tingkat kecacatan yang dialami siswa –siswi slb santi mulia Surabaya pada penelitian ini ialah tergolong tingkat tingkat cacat tuli, kehilangan pendengaran 75 decible atau lebih, dimana tidak dapat mendengarkan suara keras dari jarak dekat 1-2 meter sehingga sangan kesulitan sekali dalam berkomunikasi, baik dalam pelajaran maupun berinteraksi dengan orang disekitar. Kesulitan dalam aktivitas senam adalah kurang konsisten hitungan yang dilakukan oleh guru pengajar menggunakan jari serta fasilitas lainya. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa counter dapat dijadikan sebagai media alat hitung senam bagi penyandang tuna rungu dan lebih efektif dibandingkan dengan hitungan menggunakan jari guru atau instruktur. Melalui media counter yang dapat menampilkan angka 1 sampai dengan 8 sesuai dengan hitungan senam, dimana ketukan hitungan lebih konsisten sehingga para siswa-siswi penyandang tuna rungu lebih mudah mengikuti setiap hitungan yang ditampilkan dalam perubahan gerakannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan, R.C&S.Taylor. 1992. Interoduction to Qualitative Research Methods. A. Chosin. Afandi (penerjemah). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Usaha Nasional.

Endang Warsiki, dkk. 2003. Hubungan Antara Kecacatan Fisik Anak Dan Depresi Ibu Dari Anak-Anak Tuna Daksa,YPAC, Surabaya.

Licon E.G & Guba Y.S. 1985. Naturalistic, Inquiry, Beverly Hills : SAGE Publication.inc

Mahendra, 2000. Senam, Jakarta: Depdikbud.

Moleong, Lexdy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Patilima Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung :Alfabeta.

Patton M,Q. 2006. How to Use Qualitative Methods in Evalution, SAGE Publications.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitaif. Surabaya: UNESA university press.

Sukarma T. 1986. Senam dan Metodik, Jakarta: Karunika Jakarta

How to Cite

Wijaya, H. H. (2018). EFEKTIVITAS PENGUNAAN COUNTER DOWN SEBAGAI MEDIA HITUNG SENAM BAGI PENYANDANG TUNA RUNGU SLB SANTI MULIA SURABAYA. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 40–44. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1435

Issue

Section

Artikel