PENGARUH SIKAP GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Authors

  • Fahrudin Fahrudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1495

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Sikap Guru dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Guru penjas dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survai dengan pengujian persyaratan analisis jalur dengan bentuk kuisioner. Jumlah populasi penelitian 256 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15% dari keseluruhan jumlah populasi yaitu 38 orang siswa kelas X SMA Negeri 4 Tambun Selatan. Dari hasil analisis data besarnya pengaruh secara bersama-sama antara variabel Sikap guru (X1) dan iklim organisasi (X2) terhadap Motivasi belajar (X3)  adalah 99,6% dan dampaknya kepada prestasi belajar siswa (Y) adalah 94,67% kontribusi secara bersama-sama variabel X1 dan X2 terhadap X3 dan dampaknya kepada Y dapat dibuat persamaan  X3 = ? x3x1 X1 + ? x3x2 X2 + ?1 dan Y =  ? yx3 . X3 + ?di dapat hasil persamaan X3 = 0,995 X1 + 0,014 X+ 0,063 dan Y= 0,973 X3 + 0,164. Berdasarkan hasil perhitungan untuk variabel sikap guru terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang berarti antara sikap guru dengan motivasi belajar siswa di SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pada variabel iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai ? > nilai ?. Jadi 0,218 > 0,05 maka H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh yang berarti antara iklim organisasi dengan motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar, tampak nilai r < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru dan iklim organisasi secara simultan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 4 Tambun Selatan. Dari perhitungan kausal pengaruh sikap guru dan iklim organisasi terhadap motivasi belajar dan berdampak pada prestasi belajar pendidikan jasmani siswa, tampak nilai ? < nilai ?. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sikap guru, iklim organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa  di SMAN 4 Tambun Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fahrudin Fahrudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. “Prosedur Penelitian”, Cetakan keduabelas, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya, Cetakan kedua, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husdarta. 2010. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Muhidin, Ali Sambas dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Cetakan pertama, CV. Pustaka Setia.

Riduwan. 2006. Belajar Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula, Cetakan ketiga, Bandung: Alfabeta, 2006.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2004. Profesi Keguruan, Cetakan kedua, PT. Rineka Cipta.

Desy Noor Indah. Diunduh http://eprints.uny.ac.id/25088/1/Desy%20Noor%20Indah %20Fitriana.pdf

Khabibah Yuli Utami. Diunduh http://lib.unnes.ac.id/19261/1/7101409001.pdf

Asditya Nugroho. http://eprints.uny.ac.id/19597/1/ADITYA%20NUGROHO%20% 2809503244013%29.pdf

Yulian Agung Firdaus. Diunduh http://eprints.uny.ac.id/8040/5/1-06403241009.pdf

How to Cite

Fahrudin, F. (2018). PENGARUH SIKAP GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 23–29. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1495

Issue

Section

Artikel