MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI AJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MAJALAYA

Authors

  • Harry Wibowo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam  pembelajaran bolavoli  pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. penelitian ini dilakukan dengan populasi seluruh siswa kelas VII sebanyak 352 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara pemberian nilai atas tanggapan tiap butir pernyataan, mempersentasekan motivasi siswa sebesar 38,8% dalam kategori sedang, motivasi intrinsik siswa sebesar 22,2% dalam kategori sedang serta motivasi ekstrinsik siswa sebesar 38,8% dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 38,8% motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran passing bawah dalam permainan bolavoli berada pada kategori sedang. Tahapan pada penelitian ini yaitu membuat pernyataan pada angket uji coba kemudian divaliditas setelah data tersaji dan dinyatakan valid selanjutnya dilakukan penelitian unuk mengungkapkan motivasi siswa dalam bentuk presentase. Dengan demikian hasil motivasi belajar siswa sebesar 38,8% dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Harry Wibowo, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Ruslan Abdul Gani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M. Sardiman, (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers..

Akang, Sutha .(2012). Desain penelitian. (Online). Tersedia: http://akank-sutha.blogspot.com/2012/03/desain-penelitian.html ( 19/12/14)

Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Insipirasi belajar, (2011) pengertian-proses-belajar-mengajar [Online]. Tersedia wordpress.com/2011.

Ichaledutech, (2013), Pengertian Belajar. [Online]. Tersedia : blogspot.co.id/2013.

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung. CV Alfabeta.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs, Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Sudjiono, A. (2008). Pengatar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Suherman, Adang. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung. CV Warli Bintang Artika.

Suherman, E. (2003). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung: JICA-UPI Bandung.

Yudiana, Yunyun & Subroto H.Toto. (2010). Modul Permainan Bolavoli. Bandung. CV Warli Bintang Artika.

Akang, Sutha .(2012). Desain penelitian. (Online). Tersedia: http://akank sutha.blogspot.com /2012/03/ desain-penelitian .html ( 19/12/14)

E-Jurnal.Html. (2017). Pengertian Pendidikan Jasmani.(online). Tersedia: http://pengertian Pendidikan Jasmani (11 Juni 2017).

Prasetyo,Eko. (2010). tahap penelitian kuantitatif dalam proposal,,skripsi,tesis. (online) Tersedia: tahap penelitian kuantitatif dalam proposal,skripsi,tesis_EKO PRASETYO.html (19/12/14).

How to Cite

Wibowo, H., & Gani, R. A. (2018). MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI AJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MAJALAYA. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1497

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)