UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES PASSING ATAS DAN PASSING BAWAH PADA CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI

Authors

  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1498

Abstract

Artikel ini menganalisis tentang gejala-gejala yang terjadi di lapangan saat penulis melihat para guru sekolah menengah pertama memberikan tes passing atas dan passing bawah pada siswanya dengan tes yang dimodifikasi dan bahkan menggunakan tes yang di peruntukan atau di gunakan untuk siswa SMA/SMK. Pada saat itu penulis melihat apakah tes tersebut memiliki validitas dan reliabilitas yang sesuai dengan apa yang diukurnya atau obyek yang di tesnya apakah tes tersebut cocok untuk di pergunakan pada siswa sekolah menengan pertama. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah tes keterampilan passing atas dan passing bawah dari Brady volley Ball Test dalam permainan bola voli untuk siswa putra sekolah menengah pertama mempunyai tingkat validitas dan reliabilitas yang signifikan”?. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampel penelitian yaitu siswa putra SMP Pasundan Karawang yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli sebanyak 25 orang. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Instrumen penelitian tes keterampilan passing atas dan passing bawah dengan menggunakan Brady Volley Ball Test, untuk tes passing atas didapatkan tingkat validitas sebesar 0.904 menunjukkan hasil sempurna (tinggi), dengan t hitung 10.141 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan dan reliabilitas sebesar 0.879 yaitu kategori Cukup, dengan t hitung 8.843 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan. Kemudian untuk tes passing bawah didapatkan tingkat validitas sebesar 0.862 yaitu kategori cukup, dengan t hitung 8.155 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil signifikan dan reliabilitas sebesar 0.797 yaitu kategori sedang, dengan t hitung 6.328 > t tabel 1.71 menunjukkan hasil Signifikan. Diperoleh kesimpulan bahwa: validitas dan reliabilitas tes passing atas dan passing bawah permainan bola voli pada siswa SMP adalah Signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irfan Zinat Achmad, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Arikunto, Suharsimi. (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI Jakarta: PT Asdi Mahastya, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Buttlet, (1972). Penilaian Psikomotor (Online). Tersedia: http://ed150n5.blogspot.com/. 8-12-2010 JAM 18:18.

Dieter, Beutelsahl. (2008). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: CV.Pioniar Jaya.

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Harsono. (1998). Coaching dan Aspek-aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Nurhasan, Cholil, D.H. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung. Jurusan Pendidikan Kepelatihan, FPOK-UPI.

Nurhasan, Cholil, D.H., Hidayah, N. (2008). Modul Mata Kuliah Statistik. Bandung: Jurusan Pendidikan Kepelatihan, FPOK-UPI.

Pedoman, (2009). Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiono, (1999). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Edisi Revisi IX CV.Alfabeta.

Sudjana, (1992). Metode Statistika. Bandung: Edisi ke 5, Penerbit Tarsito.

Theng, K.H. (1973). Permainan Volleyball Modern. Bandung: Yayasan Kanisius.

Yudiana, Y. Subroto, T. (2010). Modul Permainan Bola Voli. Bandung. FPOK-UPI.

Viera, B. L. dan Fergusson B.J. (1996). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Permana, D. (2010). Hubungan Antara Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Passing Bawah Permainan Bola Voli. Bandung. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

Permana, M.Y.S. (2009). Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Kelincahan Pada Permainan Canoe Polo. Bandung. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

How to Cite

Achmad, I. Z. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES PASSING ATAS DAN PASSING BAWAH PADA CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 51–57. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1498

Issue

Section

Artikel