PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA

Authors

  • Sumbara Hambali Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1500

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media meja yang di modifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya. Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sumbara Hambali, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahagia. (2010). Media dan Pembelajaran Penjas. Bandung: FPOK UPI.

Husdarta, S. J. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Putra, E. S. (2013). Upaya Meninngkatkan Hasil Belajar Servis Backhand dalam Permainan Tenis Meja Melalui Media Dinding. Palembang: Universitas Bina Dharma.

Simpson. (2008). Teknik Bermain Pingpong. Bandung: Pioner Jaya.

Kosasih. (2008). Pendidikan Jasmani Untuk SMP. Senajaya: Gelora Aksara Pratama.

Indra. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pukulan Backhand dalam Permainan Tenis Meja dengan Menggunakan Metode Pelatihan Memantulkan Bola Ke Dinding Pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Suyato, S. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publising.

How to Cite

Hambali, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 67–74. https://doi.org/10.35706/speed.v1i1.1500

Issue

Section

Artikel