Meningkatkan Keterampilan Smash Tenis Meja dengan Pendekatan Taktis

Authors

  • Billy Shadat Karta Sasmita Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1725

Abstract

Meningkatkan Keterampilan Smash Tenis Meja dengan Pendekatan Taktis. Penelitian ini berupa penelitian tindakan untuk meningkatkan keterampilan smash tenis meja siswa ekstrakulikuler tenis meja SD Negeri Pasirmulya II Kabupaten Karawang, dengan jumlah 20 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam latihan smash tenis meja ini menggunakan pendekatan taktis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa tes keterampilan smash; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan pendekatan taktis pada siklus I diperoleh hasil 70%  dengan jumlah 14 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM) dan 30% dengan jumlah 6 siswa yang belum mencapai criteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 74 untuk forehand smash; dan 65% dengan jumlah 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dan 35% dengan jumlah 7 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 73 untuk backhand smash. Pada siklus II diperoleh hasil 85% dengan jumlah 17 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal dan 15% dengan jumlah 3 siswa yang belum mencapai criteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata mencapai 80 untuk forehand smash; dan 80% dengan jumlah 16 siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimum dan 20% dengan jumlah 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 76 untuk backhand smash. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan taktis dapat meningkatan keterampilan smash tenis meja siswa ekstrakulikuler tenis meja SD Pasirmulya II Kabupaten Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Billy Shadat Karta Sasmita, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Pascasarjana dan Mahasiswa

References

Achmad Sofyan Hanif, M. (2011). Model Pembelajaran Permainan Tenis Meja. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.

Ahmad Herwanto. (2015). Perbandingan Model Pendekatan Taktis Dan Teknis Terhadap Ketepatan Hasil Pukulan Bola Kasti,” Jurnal.

Dian Budiana dan Yusuf Hidayat. (2011) Modul Permainan Tenis Meja. Bandung.

Ella Anugrarista. (2013). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Taktis Terhadap Ketepatan Smash Bulutangkis Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Artikel Penelitian.

James Tangkudug dan Wahyuningtyas. (2012). Pelatihan Olahraga “Pembinaan Prestasi Olahraga” Edisi II. Jakarta : Cerdas Jaya.

Peter Simpson. (2008). Tehnik Bermain Pingpong. Bandung : Pioner Jaya.

Rahayu Nuansari, Edi Purnomo, Wiwik Yunitaningrum, “Survei Hasil Belajar Forehand, Backhand dan Smash Tenis Meja Peserta DidikSMK Negeri 3,”. Pontianal : Jurnal.

Subroto, Toto. (2010). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: FPOK UPI.

Subroto, Toto. (2010). Permainan Besar (bola voli dan sepak bola). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sucipto. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Pencasilat konsep dan Metode. Jakarta : Depdiknas.

Sucipto. (2009). Pendekatan Taktis Sebagai Salah Satu Pendekatan Dalam Pembelajaran Pencak Silat Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Tomoliyus. (2012). Panduan Kepelatihan Tenis Meja Bagi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

William Edward. (2010) Motor Learning and control From to Practice. Yolanda Cossio. Calivornia: Wadsword California State University.

How to Cite

Sasmita, B. S. K. (2018). Meningkatkan Keterampilan Smash Tenis Meja dengan Pendekatan Taktis. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(2), 1–6. https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1725

Issue

Section

Artikel