Pengaruh Manajemen Kepelatihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Atlet Bola Voli Club Silvas Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran

Authors

  • Ine Rahayu Purnamaningsih Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2226

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Manajemen Kepelatihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Atlet Bola Voli Club Silvas Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran”.  dilatarbelakangi oleh  masih rendahnya capaian prestasi atlet bola voli di Klub Silvas Kecamatan  Cijulang Kabupaten Pangandaran. Hal ini terkait dengan masih rendahnya kualitas manajemen kepelatihan dan motivasi berprestasi atlet.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh: 1) Manajemen kepelatihan terhadap prestasi atlet bola voli; 2) Motivasi berprestasi terhadap prestasi atlet bola voli; dan 3) Manajemen kepelatihan dan motivasi terhadap prestasi atlit bola voli Club Silvas Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Populasi penelitian ini adalah atlit bola voli di Club Silvas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Metode penelitian  yang digunakan  adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis dilakukan menggunakan Analisis Regresi.

Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari manajemen kepelatihan terhadap prestasi atlet; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi berprestasi terhadap prestasi atlet; 3) terdapat pengaruh bersama yang positif dan signifikan dari manajemen kepelatihan dan motivasi berprestasi terhadap prestasi atlet bola voli Club Silvas Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Merujuk pada hasil penelitian dan kesimpulan di atas, rekomendasi yang dapat diberikan kepada pihak-pihak terkait adalah: 1) perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang prestasi atlet dengan variabel dan sampel yang sama untuk menguji ulang keberlakuan model yang digunakan dalam penelitian ini.; 2) Manajemen Club perlu menciptakan sistem kepelatihan yang berbasis prestasi atlet; dan 3) Manajemen Club diharapkan menaruh perhatian kepada setiap aspek prestasi atlet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.P. Pandjaitan. (1986). Dasar Teori Olahraga dan Organisasi.Bandung :Rossda Offset.

Bompa,Tudor O. (1994). Theory and Methodology of Training.Iowa : Kendall/Hunt Publishing Company.

Broer, Marion R. (1976). Individual Sport for Women.Philadelphia : W.B.Saunders Company.

Conny Semiawan.(1987). Prinsip Teknik Pengukuran dan Penilaian dalam Dunia Pendidikan.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

DEPDIKBUD.(1985). Prasarana Olahraga Untuk Sekolah dan Hubungannya dengan Lingkungan.Jakarta : Depdikbud.

Djoko Pekik I. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta : FIK UNY.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dan Hubungannya dengan Lingkungan. Jakarta : DEPDIKBUD.

Ibnu Syamsi. (1994). Pokok – Pokok Organisasi dan Manajemen.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

IKASI.(2002). Sejarah, Kegiatan, Peraturan.www.http//KONI.or.id.

Malayu Hasibuan. (1996). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas.Jakarta : Bumi Aksara.

Mangangantung A. (1987). Pelajaran Anggar. Jakarta : PB IKASI.

M. Sajoto. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga.Jakarta : DEPDIKBUD.

Ndong Kamtomo. (1986). Psikologi Olahraga.Jakarta : DEPDiKBUD.

Selberg, Charles A. (1976). FOIL.California : Addison-Wesley Publishing Company.

Singgih D.Gunarsa, M.P. Setiadarma & Myrna H.R. Soekasah.(1996). Psikologi Olahraga Teori & Praktek.Jakarta : PT. BPK. Gunung Mulia.

Suharno.HP. (1985).Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta : FPOK IKIP Yogyakarta.

Sukadiyanto.(1997). Pembinaan Kondisi Fisik Petenis.Jakarta : PB. PELTI.

Published

2019-05-01

How to Cite

Purnamaningsih, I. R. (2019). Pengaruh Manajemen Kepelatihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Atlet Bola Voli Club Silvas Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(1), 43–53. https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2226

Issue

Section

Artikel