Hubungan Kelentukan Togok dan Power Otot Lengan dengan Kemampuan Smash pada Bola Voli Siswa Srijaya Negara Palembang

Authors

  • Zihan Novita Sari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Cicilia Kristina Universitas PGRI Palembang
  • Sukirno Sukirno Universitas Sriwijaya
  • Desy Tya Maya Ningrum Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnal%20speed.v3i1.3575

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan kelentukan  togok dan power otot lengan dengan kemampuan smash  pada bola voli  penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru, pelatih bola voli untuk meningkatkan prestasi olahraga bola voli lebih optimal. Terutama yang berkaitan dengan komponen  hubungan kelentukan togok dan power otot lengan dengan kemampuan smash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasi (hubungan) Populasi sebanyak 120 siswa SMP Srijayanegara, sampel penelitian sebanyak 40 siswa putra, pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random. Pengumpulan data dilakukan melalui tes fisik berkaitan dengan tes kelentukan togok, power otot lengan dengan kemampuan smash bola voli.  Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi  menggunakan SPSS. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan adanya hubungan  secara bersama-sama antara  kelentukan  togok dan power otot lengan  terhadap kemampuan smash bola voli sebesar  0,335. Berarti kelentukan togok dan power otot lengan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 33,5% terhadap kemampuan smash pada bola voli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan kelentukan togok dan power otot lengan dengan kemampuan  smash pada bola voli siswa putra  SMP Srijayanegara Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachtiar.,dkk, 2012 Permainan Besar II Bola Voli dan Bola Tangan, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Don R., Kirkendall Joseph J.,Gruber and Robert E. Johnson. 1980. Meansurement and Evaluation for physical Education. Iowa: Wim C., Brown Company Publisher.

Faruq Muhammad, Muhyi, 2009. Meningkatkan Kesegran Jasmani melalui Olahraga dan Permainan Bola Voli

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspk Psikologis dalam Olahraga. Jakarta:Depdikbud

Haryono, Sri. 2003. Tesis Pengaruh Variasi Jarak Pukul dan Power Lengan Terhadap Foehand Drive Peenis Pemula. Semarang Universitas Sebelas Maret.

Kurniawan, Feri.2011. Buku Pintar Olahraga. Men Sana In Corpore Sano. Jakarta: Lskar Aksara.

Nala., I Gusti Ngurah. 2011, Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana Universitas Press.

Soejoedi.,Imam. 1979. Permainan dan Metodik. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis.

Sukirno dan Waluyo. 2012 Cabang Olahraga Bola Voli Panduan Praktis bagi Pelatih Profesional Menciptaka Atlet Untuk Meraih Prestasi Tinggi. Palembang: Unsri Press

Sukirno, 2012. Dasar-Dasar Atletik dan Latihan Fisisk. Palembang: Universitas Sriwijaya

Yudiana, Yuyun,dkk. 2007. Dasar-dasar Kepelatihan . Jakarta: Univeritas Terbuka.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Sari, Z. N., Kristina, P. C., Sukirno, S., & Ningrum, D. T. M. (2020). Hubungan Kelentukan Togok dan Power Otot Lengan dengan Kemampuan Smash pada Bola Voli Siswa Srijaya Negara Palembang. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 3(1), 64–71. https://doi.org/10.35706/jurnal speed.v3i1.3575