Tingkat Keaktifan Anak Tunagrahita dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPLB C Tunas Harapan Karawang

Authors

  • Mohammad Arif Mohammad Arif, Ruslan Abdul Gani, Aria Kusuma yuda
  • Ruslan Abdul Gani Unsika
  • Aria Kusuma Yuda Unsika

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v5i01.3909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMPLB C Tunas Harapan Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptitif dengan tekink pengambilan data menggunakan pedoman wawancara, oservasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh, delapan, dan sembilan di SMPLB C Tunas Harapan Karawang. Populasinya ialah seluruh siswa di SMPLB C Tunas Harapan Karawang yang berjumlah 25 Responden. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 9 anak yang diambil dari setiap kelasnya 3 orang anak. Data penelitian ini dihimpun langsung melalui : 1) pedoman pengamatan, 2) panduan wawancara, 3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitian yang diperoleh, bahwa tingkat keaktifan anak tunagrahita dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMPLB C Tunas Harapan Karawang dapat dikatakan cukup. Dengan tingkat kognitif sebesar 39,80% pada tabel kategori keaktifan nya termasuk dalam kriteria kurang dikarenakan pada saat saya mewawancarai si anak masih banyak yang belum mengetahui tentang hal-hal yang mendasar seperti nama bola serta nama cabang olahraganya, tingkat afektif sebesar 33,30% pada tabel kategori keakftifan nya termasuk dalam kriteria kurang dikarenakan pada saat saya mengamati kegiatan pembelajaran siswa ada beberapa siswa yang masih asik sendiri dalam bermain dan ada beberapa yang masih belum berani melakukan instruksi dari guru, tingkat psikomotor sebesar 56,50% pada tebel kategori keaktifan nya termasuk dalam kriteria cukup dikarenakan sebagian besar siswa di SLB C Tunas Harapan Karawang mampu untuk melakukan gerakan-gerakan dasar seperti berjalan, berlari dan melompat, tingkat fisik sebesar 68,52% pada tabel kategori keakftifan nya termasuk kedalam kriteria baik dikarenakan pada saat saya mengamati proses pembelajaran pendidikan jasmani sedang berlangsung saya melihat sebagian besar siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani terlihat sangat senang, berkeringat, dan tampak bugar. Rata-rata secara keseluruhan diperoleh dengan hasil 49,58%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ruslan Abdul Gani, Unsika

PJKR FKIP Unsika

Aria Kusuma Yuda, Unsika

PJKR FKIP Unsika

Published

2022-06-20

How to Cite

Arif, M., Abdul Gani, R., & Yuda, A. K. (2022). Tingkat Keaktifan Anak Tunagrahita dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPLB C Tunas Harapan Karawang. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 5(01), 45–51. https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v5i01.3909