PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT DALAM PERMAINAN BOLATANGAN TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA

Authors

  • yusuf ucup - universitas singaperbangsa karawang
  • Ega Trisna Rahayu
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan bahwa sering ditemukan kepribadian yang kurang baik ditunjukkan oleh siswa, sifat egois, kurang inisiatif dalam membantu teman yang kurang dalam melakukan tugas gerak, serta nilai yang diperoleh siswa di bawah kriteria ketuntasan minimun (KKM) atau nilai dengan 78. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Permainan Bolatangan Terhadap Kepribadian Siswa”. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Kota Bekasi dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X AFP 1 dengan jumlah 36 siswa, dan kelas X Grafika dengan jumlah 36 siswa dari 249 siswa dari jumlah seluruh kelas X yang berjumlah 8 kelas. Terdapat tiga tahap pada penelitian ini, Pretest dilakukan dikedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal siswa, treatment model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan dikelas eksperimen, sedangkan dikelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction), selanjutnya posttest pada kedua kelas. Uji-T digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1). Penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam permainan bola tangan berpengaruh signifikan terhadap kepribadian siswa. 2). Penerapan model konvensional (Direct Instruction) dalam permainan bola tangan berpengaruh terhadap kepribadian siswa. 3). Penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukan perbedaan pengaruh dengan pengaruh yang lebih efektif dari model pembelajaran konvensional (Direct Instruction) dalam permainan bola tangan terhadap kepribadian siswa.

 

Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament, Permainan Bola Tangan, Kepribadian Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-02-28

How to Cite

-, yusuf ucup, Ega Trisna Rahayu, & Irfan Zinat Achmad. (2022). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT DALAM PERMAINAN BOLATANGAN TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(02), 138–148. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/4043