AKTIVITAS LATIHAN FISIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER SAAT PANDEMI COVID-19

Latihan Fisik saat Covid-19

Penulis

  • Ahmad Sulaiman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Faisal SMKN 1 Ampelgading
  • Bahtiar Universitas Muhammadiyah Jember

Abstrak

Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dianggap sebagai pandemi global. Segala tatanan kehidupan di dunia berubah sedemikian rupa. Kebiasaan masyarakat termasuk aktivitas fisik juga mengalami perubahan sebagai upaya pencegahan semakin menyebarnya virus baru ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas latihan fisik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) saat pandemi Covid-19 yang dilakukan selama sebulan terakhir dengan memperhatikan prinsip FITT (frequency, intensity, time dan type) dalam seminggu selama sebulan terakhir. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian meliputi mahasiswa UM Jember angkatan 2020 yang berjumlah 2022. Teknik sampling yang digunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah lembar kuesioner dengan menggunakan google form yang disebar melalui WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas latihan fisik mahasiswa UM Jember saat pandemi Covid-19 masih kurang karena dominan dalam seminggu masih dilakukan satu sampai dua kali dengan durasi lima sampai tiga puluh menit setiap latihan.

Kata kunci: Covid-19, Latihan Fisik, Mahasiswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ahmad Sulaiman, Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember

Faisal, SMKN 1 Ampelgading

SMKN 1 Ampelgading

Bahtiar, Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-05

Cara Mengutip

Sulaiman, A., Hadi, F. K. H., & Hardovi, B. H. H. (2021). AKTIVITAS LATIHAN FISIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER SAAT PANDEMI COVID-19: Latihan Fisik saat Covid-19. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(01), 1–8. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/5253