AKTIVITAS LATIHAN FISIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER SAAT PANDEMI COVID-19

Latihan Fisik saat Covid-19

Authors

  • Ahmad Sulaiman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Faisal Kusuma Hadi Hadi SMKN 1 Ampelgading
  • Bahtiar Hari Hardovi Hardovi Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dianggap sebagai pandemi global. Segala tatanan kehidupan di dunia berubah sedemikian rupa. Kebiasaan masyarakat termasuk aktivitas fisik juga mengalami perubahan sebagai upaya pencegahan semakin menyebarnya virus baru ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas latihan fisik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) saat pandemi Covid-19 yang dilakukan selama sebulan terakhir dengan memperhatikan prinsip FITT (frequency, intensity, time dan type) dalam seminggu selama sebulan terakhir. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian meliputi mahasiswa UM Jember angkatan 2020 yang berjumlah 2022. Teknik sampling yang digunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah lembar kuesioner dengan menggunakan google form yang disebar melalui WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas latihan fisik mahasiswa UM Jember saat pandemi Covid-19 masih kurang karena dominan dalam seminggu masih dilakukan satu sampai dua kali dengan durasi lima sampai tiga puluh menit setiap latihan.

Kata kunci: Covid-19, Latihan Fisik, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Sulaiman, Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember

Faisal Kusuma Hadi Hadi, SMKN 1 Ampelgading

SMKN 1 Ampelgading

Bahtiar Hari Hardovi Hardovi, Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember

Published

2021-08-05

How to Cite

Sulaiman, A., Hadi, F. K. H., & Hardovi, B. H. H. (2021). AKTIVITAS LATIHAN FISIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER SAAT PANDEMI COVID-19: Latihan Fisik saat Covid-19. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(01), 1–8. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/5253