Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas XI SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang Kabupaten Bekasi

Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas XI SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang Kabupaten Bekasi

Authors

  • Choridah Hanani Famele
  • Tika Santika Unsika
  • Abdul Salam Hidayat Unsika

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v5i01.5384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa di SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang kabupaten Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode survey dan desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang kabupaten Bekasi yang berjumlah 155 siswa, sedangkan samplenya diambil satu kelas dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI TKR 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas yang akan diberikan angket tentang minat belajar siswa. Data diolah menggunakan Software Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli menunjukan presentase minat belajar sebanyak 43% dengan kriteria baik. Jadi dapat disimpulkan tingkat minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli dapat meningkat apabila guru mampu menyajikan materi dengan baik dan menyenangkan, memberikan pengajaran melalui bentuk permainan sehingga siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-20

How to Cite

Hanani, C., Santika, T., & Hidayat, A. S. (2022). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas XI SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang Kabupaten Bekasi: Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas XI SMK Mitra Karya Karang Bahagia Cikarang Kabupaten Bekasi. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 5(01), 26–34. https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v5i01.5384