Model Pembelajaran Tendangan Lurus Pencak Silat Berbasis Media Belajar Siswa SMPN 103 Jakarta

Authors

  • Diah Nurul Pangesti UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Taufik Rihatno
  • Mastri Juniarto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran tendangan lurus pencak silat berbasis media belajar yang dapat diterapkan dalam model proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi beladiri pencak silat tendangan lurus. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode research and development (R&D) denagan menggunakan metode ADDIE. Dalam penelitian ini ada lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model pembelajaran tendangan lurus berbasis media belajar yang telah divalidasi dan direvisi oleh dosen ahli pencak silat, dosen media belajar, dan guru pendidikan jasmani, maka dihasilkan sebanyak 14 model model tendangan lurus. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. hasil penelitian ini berupa buku model pembelajaran tendangan lurus berbasis media belajar pada sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran tendangan lurus berbasis media belajar pada sekolah menengah pertama telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan untuk siswa dan siswi sekolah menengah pertama.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, research and development (R&D), ADDIE Tendangan Lurus, Pencak Silat, Media Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

NURUL , D., Rihatno, T. ., & Juniarto, M. . (2023). Model Pembelajaran Tendangan Lurus Pencak Silat Berbasis Media Belajar Siswa SMPN 103 Jakarta. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 6(2), 131–138. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/7071