Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Bepfikir Kreatif Matematik Serta Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Aplikasi Statistics Quick

Authors

  • Ageng Saepudin Kanda S STIE STEMBI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3648
Abstract views: 46

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan pemahaman matematik, dan berpikir kreatif matematik mahasiswa dalam pembelajaran,kurangnya motivasi belajar,bahkan ada mahasiswa yang tidak menyukai matematik sebagai akibatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengembangan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematik serta motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan Aplikasi Statistics Quick serta ada tidak adanya asosiasi antara kemampuan-kemampuan tersebut. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen bentuk only postets group design serta cross-sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE STEMBI Bandung semester II dengan jumlah 83 orang mahasiswa. Pemilihan sampel penelitian ini berdasarkan sampling purposive untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian mengenai kemampuan berfikir kreatif dan pemahaman serta skala motivasi belajar. Analisis data untuk menguji asosiasi kedua kemampuan menggunakan kriteria asosiasi Davis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kemampuan pemahaman matemtaik mahasiswa melalui penerapan Aplikasi Statistics Quick lebih baik dari pada pembelajaran biasa, pencapaian kemampuan berfikir kreatif matemtaik mahasiswa melalui penerapan Aplikasi Statistics Quick lebih baik dari pada pembelajaran biasa, motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan Aplikasi Statistics Quick lebih baik dari pada pembelajaran biasa, terdapat asosiasi antara kemampuan pemahaman matematik dan berpikir kreatif mahasiswa, terdapat asosiasi antara kemampuan pemahaman matematik dan motivasi belajar mahasiswa, terdapat asosiasi antara kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ageng Saepudin Kanda S, STIE STEMBI Bandung

Lulusan S2 Magister Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung 2016

Sebagai Dosen Tetap STIE STEMBI Bandung

References

Kanda, A 2011. Perbandingan Pemahaman Matematik Siswa Antara yang Menggunakan Metode Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Konvensional. Skripsi pada (STKIP) Siliwangi Bandung : tidak diterbitkan.

Kanda, A 2016. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kreatif Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Sma Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. Tesis pada (STKIP) Siliwangi Bandung : tidak diterbitkan.

Published

2020-07-29