PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARED DAN LOYALITAS PASIEN

Authors

  • Didi Juardi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361, Jawa Barat, Indonesia
  • Mulyanto - Akuntansi STMIK Bani Saleh Bekasi Jl. Mayor M. Hasibuan No 68 Bekasi Timur 17113, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.267

Abstract

Abstrak

Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat terpenuhi dan memuaskan pengguna layanan.Dan untuk mewujudkan hal tersebut dengan membangun Knowledge Management System(KMS) untuk pelayanan prima dengan metode “RATER†dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dan akan dihadapi oleh rumah sakit terutama dalam pelayanan dan kepuasan pasien yang berkunjung pada rumah sakit dan kinerja dari personel rumah sakit dalam pelaksanaan standar pelayanan kepada pasien sebagai upaya peningkatan market shared dan loyalitas pasien dengan menggunakan metode Balanced ScoreCard(BSC).   

Kata kunci : Pelayanan, Rumah Sakit, KMS, Rater, BSC

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didi Juardi, Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361, Jawa Barat, Indonesia

Didi Juardi mengajar di program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang Pendidikan S-1 Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta dan S-2 Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Mulyanto -, Akuntansi STMIK Bani Saleh Bekasi Jl. Mayor M. Hasibuan No 68 Bekasi Timur 17113, Jawa Barat, Indonesia

Mulyanto mengajar  di program studi Akuntansi STMIK Bani Saleh Bekasi Pendidikan S-2 Megister Manajemen Universitas Trisakti Jakarta

References

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi Offset.

Albers, James 2009, A Practical Approach to Implementing Knowledge Management, Journal of Knowledge Management Practices Vol 10 no 1 march 2009, online di www.tlnaic.com

Fathoni,Inda Kesuma S, , 2 Juli 2011, Pengembangan Model Sistem Informasi Penilaian Kinerja Rumah Sakit, Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011),UPN â€Veteran†Yogyakarta

Gaspersz, Vincent, 2003. Sistem Manajemen Kinerja terintegrasi Balance Scorecard dengan Six Sigma untuk organisasi bisnis dan pemerintahan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Griffith, John R and King, John G, 2000. Championship Management for Healthcare Organization. Journal Of Healthcare Management Vol. 43. (Jan/Feb 2000).

Kaplan, Robert S, dan David P Norton, 1996. Translating Stategy Into Action The Balanced Scorecard. Boston : Harved Business School Press.

Kolter P 2000, Marketing Management Millenium Edition, John Wiley & Sons Inc,

Mulyadi, Jhony Setiawan, 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta : Andi Offset.

Pressman, Roger, 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta : Andi Offset.

Umar, Husein, 2002. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Gramedia

Wijono, Djoko, 1999. Organisasi dan Manajemen Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press

Published

2016-06-30

How to Cite

Juardi, D., & -, M. (2016). PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARED DAN LOYALITAS PASIEN. Syntax : Jurnal Informatika, 3(02). https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.267

Issue

Section

Artikel