Implementasi Metro Area Network dengan Pendekatan Wireless Broadband dan Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON)

Authors

  • Hanny Hikmayanti Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Enoh Suhada Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v1i01.278

Abstract

Mengembangkan Metro Area Network pada sebuah kota merupakan tantangan tersendiri dalam menentukan teknologi yang akan di gunakan. Sulit untuk bisa menggunakan satu jenis teknologi demi mendapatkan stabilitas koneksi  untuk itu perlu dilakukan perpaduan antara wireless broadband dan fiber optic. Walaupun bukan hal yang mudah dalam menggabungkan kedua teknologi ini.

Dalam makalah ini penulis mengambil tema Implementasi Metro Area Network Menggunakan Pendekatan Wireless Broadband dengan Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON) di Kabupaten Tanah Datar.

Teknologi GEPON pada fiber optic digunakan untuk bisa menghantarkan data gigabit ke server sehingga realtime transaksi dapat dilakukan dengan baik dan wireless broadband di gunakan untuk mengkoneksikan beberapa titik yang memiliki jarak cakup jauh dari server.

 

Kata Kunci:  Gepon, network, fiber optic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bahra bin Ladjamuddin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang: Graha Ilmu.

B.Scoot. New American Foundation. Spectrum Policy

Gratton, D.A. Developing Practical wireless Application. USA. elsevier Inc.

Thomas,Tom. (2005). Network Security First-Step. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Published

2012-09-25

How to Cite

Hikmayanti, H., & Suhada, M. E. (2012). Implementasi Metro Area Network dengan Pendekatan Wireless Broadband dan Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON). Syntax : Jurnal Informatika, 1(01). https://doi.org/10.35706/syji.v1i01.278

Issue

Section

Artikel