APLIKASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Authors

  • Santi Widianti Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina Depok
  • Dede Anggriawan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina Depok
  • Iwan Setiadi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina Depok

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.283

Abstract

Abstrak

 

Pengenalan kebudayaan Indonesia dapat dilakukan melalui media cetak dan media elektronik, serta dapat juga dilakukan dengan media komputer agar diperoleh informasi yang lebih menarik dan interaktif. Media-media pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah saat ini khususnya sekolah dasar kebanyakan masih menggunakan buku dan sistem pengajaran yang tradisional dimana guru menerangkan dan murid mendengarkan sehingga suasana belajar mengajar menjadi monoton. Pengenalan teknologi komputer sejak dini melalui pembelajaran kebudayaan Indonesia dapat meningkatkan minat siswa terhadap teknologi terkini dan penyampaian materi menjadi lebih interaktif dan menarik.Pembuatan aplikasi pembelajaran sebagai media pengenalan yang dapat membantu pemahaman para siswa sekolah dasar mengenal kebudayaan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi multimedia, dapat mempermudah guru dalam memvisualisasikan materi mengajarnya dan siswa menjadi lebih tertarik untuk mempelajari materi yang bersangkutan dan meningkatkan keterampilan menggunakan tenologi komputer. Didalam aplikasi pembelajaran ini terdapat informasi mengenai foto-foto rumah adat, pakaian adat, tarian adat dan soal yang berupa kuis untuk uji kompetensi bagi siswa.

 

Kata Kunci : Aplikasi, interaktif, teknologi, kebudayaan, Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Dwi. 2008. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash 8. Yogyakarta : Andi dan SmitDev.Com.

Henry Pandia, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerbit Erlangga. Jakarta : 2009.

Jogiyanto, Pengenalan Komputer. Andi Offset.Yogyakarta : 2005.

Jubilee Enterprise, Teknik professional Flash 8, Jakarta : PT Elex Media

Lukmanul Hakim, Cara Ampuh Menguasai Macromedia Flash MX. PT Elex Media Komputindo. Jakarta : 2006.

Tutorial Flash, http://warungflash.com/. Komputindo, 2007.Tutorial Macromedia Flash 8 Profesional,

http://www.youtube.com/results?search_query=tutorial+macromedia+flash+8+profesional&oq=tutorial+macromedia+flash+8+profesional.

Wikipedia, “Sejarah Indonesia†http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia (diakses April 2014).

Provinsi di Indonesia, http://laskarpelangianakbangsa.blogspot.com/2012/03/nama-33-provinsi-di-indonesia-tarian.html.

Published

2016-07-27

How to Cite

Widianti, S., Anggriawan, D., & Setiadi, I. (2016). APLIKASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA. Syntax : Jurnal Informatika, 3(02). https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.283

Issue

Section

Artikel