SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MITRA FREIGHT FORWARDER UNTUK KEGIATAN EKSPOR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Authors

  • Royan Habibie Sukarna ITTS
  • Yulian Ansori
  • Herfandi H
  • Yuliadi Y

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v10i02.5429

Abstract

Dalam melakukan kegiatan ekspor barang ke berbagai negara di dunia, suatu perusahaan membutuhkan mitra atau supplier sebuah perusahaan yang khusus bergerak dibidang transportasi internasional, perusahaan ini disebut perusahaan freight forwarding atau freight forwarder. Perusahaan dapat mengalami permasalahan kerugian mulai dari menurunnya produktifitas, kerugian operasional, defisit kas keuangan perusahaan, bahkan sampai berpotensi kehilangan customer apabila dalam pemilihan mitra perusahaan freight forwarder tidak tepat. Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) dipilih guna menentukan mitra freight forwarder terbaik sehingga tidak menimbulkan permasalahan dan kerugian. Pembatasan kriteria pada penelitian ini adalah sebanyak 12 kriteria, dan mitra freight forwarder yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan, penilaian atas lima perusahaan freight forwarder tersebut dilakukan oleh karyawan atau pimpinan departemen terkait pada objek penelitian yang sudah dipercaya memiliki keahlian dalam bidang ekspor barang. Hasil yang diperoleh yaitu 12 kriteria terbobot.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-01

How to Cite

Sukarna, R. H., Ansori, Y., H, H., & Y, Y. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MITRA FREIGHT FORWARDER UNTUK KEGIATAN EKSPOR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) . Syntax : Jurnal Informatika, 10(02), 35–51. https://doi.org/10.35706/syji.v10i02.5429