PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN KRITERIA SISWA TELADAN BERDASARKAN PERATURAN DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO)

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN KRITERIA SISWA TELADAN BERDASARKAN PERATURAN DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO)

Authors

  • Dodi Nofri Yoliadi IAIN Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v11i01.6488

Abstract

Siswa merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem pendidikan, maka dari itu butuh petunjuk untuk dapat dinilai dengan baik. Peraturan disiplin siswa diharapkan dapat menjadi pedoman pelaksanaan seluruh kegiatan siswa sehari-hari baik di dalam maupun di luar sekolah. Penentuan siswa teladan diukur berdasarkan kriteria  yang harus dimiliki oleh setiap siswa sesuai peraturan displin siswa yang diterapkan di sekolah. Di SMK Negeri 1 Lintau Buo penentuan siswa teladan masih dilakukan secara manual dan hasilnya belum objektif. Sehingga untuk hasil yang diperoleh terkadang penuh pro dan kontra. Data Mining digunakan untuk mempelajari data yang tersedia di bidang pendidikan dan menghasilkan pengetahuan tersembunyi. Metode klasifikasi seperti Algoritma C 4.5, diterapkan pada data pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan tersembunyi untuk memprediksi seluruh aspek kinerja siswa. Prediksi ini juga membantu dalam penentuan kriteria siswa teladan. Hasil prediksi tersebut juga untuk perbaikan kinerja siswa secara keseluruhan terutama dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK Negeri 1 Lintau Buo sebanyak 75 data siswa yang memiliki peringkat kelas 1, 2 dan 3 disetiap kelas. Hasil yang diperoleh dari proses klasifikasi ini adalah kriteria terbaik untuk penentuan siswa teladan dengan node yang diperoleh yaitu, Prestasi Non Akademis, Kehadiran serta Kegiatan sosial. Keakuratan proses klasifikasi pada Data Training diperoleh sebesar 1.00, pada  Data Testing1 diperoleh sebesar 0.90 serta pada Data Testing2 diperoleh sebesar 1.00.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-15

How to Cite

Yoliadi, D. N. . (2022). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN KRITERIA SISWA TELADAN BERDASARKAN PERATURAN DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO): PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN KRITERIA SISWA TELADAN BERDASARKAN PERATURAN DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO). Syntax : Jurnal Informatika, 11(01), 50–62. https://doi.org/10.35706/syji.v11i01.6488

Issue

Section

Artikel