Sistem Pengontrol Lampu Berbasis Internet Dengan Metode Virtual Prototype

Authors

  • Agung Susilo Yuda Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v1i1.2009

Abstract

Internet merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas yang terhubung langsung secara terus menerus. Penilitian ini membahas tentang sistem pengontrolan Lampu berbasis Internet. Permasalahan yang menjadi tantangan ke depan untuk dapat diselesaikan yaitu sulitnya mengontrol penggunaan dari setiap. Penelitian dilakukan dengan membangun sebuah perangkat prototype pengendali jarak jauh untuk lampu . Dengan sebuah metode virtual prototype dan metode fuzzy Mamdani maka penelitian yang dilakukan dapat merancang sebuah rancangan virtual dan pengontrolan lampu secara otomatis dengan intensitas cahaya serta hasil yang di dapat akan diuji dengan tanggapan user menggunakan User Acceptance Test dengan hasil dari setiap kategori yaitu 1) Persepsi sikap penerimaan pengguna mendapatkan hasil 68,5 %, 2) Persepsi kesesuaian sistem yang dibuat mendapatkan hasil 84,25 %, 3)  Persepsi kegunaan / kemanfaatan sistem mendapatkan hasil 65 %, 4) Persepsi kemudahan sistem mendapatkan hasil 83,3 %, dan kategori ke 5) Persepsi minat prilaku pengguna mendapatkan hasil 85 %. Dan diterima baik oleh user. Hasil peneltian ini sistem pengontrol lampu berbasis Internet, mempermudah memonitring dan mengkontrol peralatan lampu dengan baik serta prototype yang dibuat dapat mengkontrol penggunaan daya dari setiap lampu yang digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Andrianto, H. , & Darmawan, Arduino Belajar Cepat dan Pemrograman. 2016.

Https://www.raspberrypi.org/, “Raspberry Pi.” [Online]. Available: https://www.raspberrypi.org/help/faqs/.

J. H. Weber-jahnke and J. Stier, “Computer-Aided Design Virtual prototyping of automated manufacturing systems with Geometry-driven Petri nets,” Comput. Des., vol. 41, no. 12, pp. 942–951, 2009.

A. D. Kulkarni, “Computer Vision and Fuzzy-Neural System. Prentice Hall,” 2001.

H. Kusumadewi, Sri., Pramono, “Aplikasi Logika Fuzzy,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

S. S. Al-Ghatani, “The Applicability of TAM Outside North America : An Empirical Test in the United Kingdom,” no. January 2001, 2016.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

[1]
A. S. Y. Irawan and K. Prihandani, “Sistem Pengontrol Lampu Berbasis Internet Dengan Metode Virtual Prototype”, Systematics Journal, vol. 1, no. 1, pp. 12–21, Aug. 2019.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)