Sistem Pengaduan Kerusakan Fasilitas Ruang Kelas Berbasis Android

Authors

  • Ultach Enri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Chaerur Rozikin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2688
Abstract views: 1978

Abstract

Ruang kelas merupakan tempat diadakannya proses belajar mengajar. Dalam ruang kelas terdapat berbagai macam fasilitas pendukung proses belajar mengajar. Kerusakan fasiltas yang ada diruang kelas akan mengganggu proses belajar mengajar. Kerusakan fasilitas ruang kelas tersebut antara lain infocus rusa, ac mati, kabel rusak dan lain sebagainya. Kerusakan kerusakan tersebut karena sering pakai oleh mahasiswa dan dosen secara bergantian sehingga kalau terjadi kerusakan akan mengganggu mahasiswa dan dosen lain yang akan mengajar berikutnya. Untuk melaporkan kerusakan ruang kelas tersebut agak susah karena sebagian besar mahasiswa dan dosen tidak tahu pihak yang berwenang untuk menangani kerusakan fasilitas ruang kelas tersebut. Masalah tersebut perlu dicarikan solusinya agar kerusakan dapat terselesaikan dengan cepat dan tidak mengganggu mahsiswa dan dosen lain yang akan menggunakan ruang kelas tersebut. Solusi dari permasalahan tersebut dengan cara mengembangkan aplikasi berbasis android untuk melaporkan setiap kerusakan fasilitas yang ada diruang kelas. Penelitian ini akan mengembangkan sistem untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Setiyawati, Y. D., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android, 4(1), 150–158.

Ardiansah, Y., & Hartanto, A. D. (2015). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI READY FOR Pendahuluan Landasan Teori Analisis dan Perancangan, 16(1), 63–68.

Tindak, T., Korupsi, P., & Mobile, B. (2013). Perancangan aplikasi pembelajaran tentang tindak pidana korupsi berbasis android, 2013(Sentika), 2–7.

Ilmiah, J., Asia, I., Malang, S. A., Tinggi, S., Informatika, M., Malang, A.,

Asia, I. (2014). Penentuan Jalur Terpendek Menuju Cafe Di Kota Malang Menggunakan Metode Bellman-Ford Dengan Location Based Service Berbasis Android Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ASIA Malang, 8(2), 49–64.

Informatika, T., Sam, U., & Manado, R. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Online Kapal Laut Berbasis Android, 1(1).

Beatrix Lia Pristy. (2014). 'Aplikasi Pengendalian Laporan Harian Tim Penertiban Pemakaian Listrik (P2TL) Berbasis Web dan Android di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten' (Diakses: 14 January 2019)

Rozikin, C., & Enri, U. (2019). Sistem Monitoring Penjualan Rumah Di Kawasan Perumahan Berbasis Android. Systematics, 1(1), 58–80.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

[1]
U. Enri and C. Rozikin, “Sistem Pengaduan Kerusakan Fasilitas Ruang Kelas Berbasis Android”, Systematics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 116-129, Dec. 2019.