Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online

Authors

  • Alma Apriliani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Budhiluhoer Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Jamaludin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3530

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi informasi dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi untuk mengembangkan bisnisnya yang disebut dengan transportasi online. Agar dapat bersaing dengan para penyedia jasa transportasi online lainnya, para pelaku bisnis terus meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Saat ini banyak penelitian yang meneliti faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang kepuasan pelanggan transportasi online. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish dari tahun 2016-2019. Terdapat tiga Research Question (RQ) yang ditetapkan pada penelitian ini. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi yang banyak diteliti yaitu Go-Jek dan Grab, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan responden yang paling banyak digunakan sebanyak 100 orang dan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu kualitas pelayanan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi agar para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi online terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan yang berakibat pada penggunaan ulang jasa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Indra, Regita, and J. T. Purba, “PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE BAGI KAUM MILLENIAL,” J. Account. Manag. Innov., vol. 3, no. 1, pp. 14–35, 2019.

E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. W. Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 63–77, 2019.

M. R. Waluyo, “Analisis Model Hubungan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Transportasi Online,” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag., vol. 13, no. 2, pp. 41–48, 2018.

W. D. Kurniawati and S. Muchsin, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , EFISIENSI DAN HARGA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE Go-Jek TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ( Studi Kasus Pada Masyarakat Malang Raya ) Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT,” J. Respon Publik, vol. 13, no. 4, pp. 87–97, 2019.

H. Prawiranta and R. Diana, “PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA GOJEK DI KOTA YOGYAKARTA,” J. Pendidik. Akunt., no. 3, pp. 1–22, 2018.

B. C. Lavenia, Mohammad Iqbal, and A. Irawan, “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri),” J. Adm. Bisnis, vol. 60, no. 3, pp. 52–61, 2018.

Rifaldi, Kadunci, and Sulistyowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta,” Epigram, vol. 13, no. 2, pp. 121–128, 2016.

V. Fatnilla and M. S. Abdurrahman, “PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK ( Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa / i Institut Teknologi Bandung ),” in e-Proceeding of Management, 2019, vol. 6, no. 1, pp. 1665–1671.

David, “Pengaruh E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Transportasi Online Grab,” AGORA, vol. 6, no. 2, 2018.

C. B. Dewa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta),” Perspektif, vol. XVI, no. 1, pp. 1–6, 2018.

E. Setiawan and S. Septiani, “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Grab di Tangerang Selatan,” J. Manaj. dan Kearifan Lokal Indones., vol. 2, no. 1, p. 54, 2018.

F. Rosalina and A. Kusumawati, “Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 60, no. 1, pp. 139–148, 2018.

L. M. S. Saragih, “PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE ONLINE GRABCAR DALAM MENINGKATKAN WORD OF MOUTH,” J. Manaj. Bisnis, vol. 31, no. 1, 2019.

I. M. A. Juniantara and T. G. R. Sukawati, “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, pp. 5955–5982, 2018.

D. Erica and H. Al Rasyid, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online di Jakarta,” J. Ecodemica, vol. 16, no. 2, pp. 168–176, 2018.

M. I. Purba and K. E. N. Ginting, “Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan,” J. Konsep Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 63–75, 2018.

Mayasari, R. (2019). Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis SMS Gateway menggunakan Trigger pada Database. Systematics, 1(1), 44-57.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

[1]
A. Apriliani, M. Budhiluhoer, A. Jamaludin, and K. Prihandani, “Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online”, Systematics Journal, vol. 2, no. 1, pp. 12–20, Apr. 2020.

Issue

Section

Articles