Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk mengamankan File Video

Authors

  • Agung Susilo Yuda Irawan Fakultas Ilmu Komputer
  • Ahmad Farhan El Ramdhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Jordi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizal Saepul Mahdi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tohirin Al Mudzakir Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3635
Abstract views: 466

Abstract

Kriptografi merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk mengamankan data. Data yang biasanya diamankan menggunakan kriptografi adalah data teks. Data teks biasa digunakan dalam pesan untuk berkomnikasi. Isi pesan tersebutlah yang diamankan dengan kriptografi. Prosedur utama dalam kriptografi ada dua, yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi merupakan prosedur yang dilakukan untuk menyandikan suatu data atau pesan asli menjadi data atau pesan bersandi. Sebaliknya, dekripsi merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan pesan atau data yang disandikan menjadi pesan atau data asli seperti semula. Kriptografi memiliki beragam algoritme, salah satunya yaitu algoritme Advanced Encryption Standard (AES). AES merupakan salah satu algoritme kriptografi yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Pada penelitian ini dilakukan implementasi algoritma AES untuk mengamankan data berupa video dengan format mp4. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi kriptografi yaitu CrypTool. Untuk dapat dienkripsi dan didekripsi, data video diubah dalam bentuk HexDump. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa algoritme AES efektif untuk mengamankan data video. Data video yang terenkripsi tidak dapat diputar dengan media player dan tidak memilik detail informasi seperti data aslinya. Akan tetapi ketika didekripsi data tersebut berhasil diputar secara normal dengan media player dan memiliki detail informasi seperti data aslinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Kurniawan, D., & Priyatna, B. (2018). Pengamanan data berbasis mobile android dengan penggabungan linear feedback shift register (lfsr) dan modifikasi matriks kunci algoritma kriptografi playfair cipher. Jurnal TELEMATIKA MKOM Vol, 10(1).

Mayasari, R., & Heryana, N. (2016). Perancangan Aplikasi Penyembunyian Pesan Teks Terenkripsi pada Citra Digital Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB). Syntax: Jurnal Informatika, 5(1), 86-92.

Esslinger, Bernhard. & the CrypTool Team. (Agustus, 2017). The CrypTool Book: Learning and Experiencing Cryptography with CrypTool and SageMath. (edisi keduabelas) [Online]. Tersedia: www.cryptool.org.

Farisi, A. (2018). Analisis Kinerja Algoritma Kriptografi Kandidat Advanced Encryption Standard (AES) pada Smartphone, 4(2), 199–208.

Marisman, A. F., & Hidayati, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Pembanding Kriptografi Dengan Caesar Cipher Dan Advance Encryption Standard (Aes) Untuk File Teks. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 123498.

Wijaya, H. (2020). Implementasi Kriptografi AES-128 Untuk Mengamankan URL (Uniform Resource Locator) dari SQL Injection. Akademika Jurnal, 17(1), 8-13.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

[1]
A. S. Y. Irawan, A. Farhan El Ramdhani, M. Jordi, R. Saepul Mahdi, and T. Al Mudzakir, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk mengamankan File Video”, Systematics Journal, vol. 2, no. 1, pp. 28-32, Apr. 2020.

Issue

Section

Articles