A Checkers Game based on Negamax Algorithm with Aplha Beta Pruning

Game Catur berdasarkan Algoritma Negamax dengan Pemangkasan Alpha Beta

Authors

  • Fatmasari STMIK Antar Bangsa
  • Rizky Tahara Shita Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v5i1.8783

Abstract

Permainan Checkers merupakan salah satu permainan strategi dengan basis permainan papan (board game) dengan ukuran 8x8, dimainkan oleh dua pemain, dengan visualisasi kepingan bulatan, berjalan diagonal dan sebagai tujuannya, menghabiskan kepingan lawan. Walaupun Checkers terlihat seperti permainan logika sederhana jika dibandingkan dengan permainan strategi papan lainnya seperti catur, namun tetap memerlukan strategi logika. Permainan ini memang tidak terlalu dikenal dan tidak sering dimainkan di Indonesia, oleh karena itu harus dikemas dan dikembangkan dengan menarik agar lebih disukai. Rancangan aplikasi permainan ini dibuat pada intinya adalah mengasah logika murid – murid di SD Islam Al-Barkah. Jika sejak dini kemampuan logika juga diasah, maka bisa meningkatkan cara berfikir yang berujung pada peningkatan mutu. Algoritma yang digunakan dalam pembuatan permainan Checkers ini adalah algoritma Negamax With Alpha Beta Pruning sebagai algoritma pencarian langkah terbaik; dimana objektif dari algoritma ini adalah mencari masing – masing score dari node value yang dimikiki lalu dioptimasi dengan alpha beta Pruning untuk mempersingkat pohon pencarian dan menghasilkan bestscore sebagai keputusan langkah terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

D. M. Breuker, “Memory versus Search in Games,” SIKS, 1998.

Wikipedia, “Negamax,” Wikipedia, 2023. https://en.wikipedia.org/wiki/Negamax (accessed Mar. 27, 2023).

A. E. / I. T. B. Luman, “Pengaplikasian Pohon dalam Algoritma Sebuah Game Catur,” 2008, [Online]. Available: https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2008-2009/Makalah2008/Makalah0809-040.pdf

J. Loy, “The Standard Laws of Checkers,” 2009. http://www.jimloy.com/checkers/rules.htm (accessed Nov. 23, 2013).

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

[1]
Fatmasari, R. T. Shita, and L. Li Hin, “A Checkers Game based on Negamax Algorithm with Aplha Beta Pruning: Game Catur berdasarkan Algoritma Negamax dengan Pemangkasan Alpha Beta”, Systematics Journal, vol. 5, no. 1, pp. 594–605, Apr. 2023.

Issue

Section

Articles