ANALISIS EKUITAS MEREK DESTINASI WISATA BERDASARKAN PERSPEKTIF WISATAWAN: KASUS PADA PANTAI-PANTAI DI KARAWANG, JAWA BARAT

Authors

  • Abdul Yusuf
  • Ajat Sudrajat

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i1.1053

Abstract

Karawang merupakan salah satu kabupaten yang berada di jalur pantura dan juga berada di jalur lalu lintas strategis antara Jakarta dan Bandung. Karawang juga merupakan kota pangkal perjuangan yang memiliki banyak objek wisata serta Karawang yang berada di jalur pantura tersebut memliki banyak objek wisata pantai.

Pantai di Kabupaten Karawang merupakan destinasi wisata komersil yang berkontribusi terhadap PAD Karawang. Oleh karena itu, wisata pantai harus dikelola dengan baik agar mampu meningkatkam PAD Karawang, salah satu caranya adalah dengan mengelola ekuitas merek destinasi wisata pantai tersebut.

Ekuitas merek berdasarkan perpektif konsumen pada destinasi wisata merupakan seperangkat aset dari merek yang diukur berdasarkan kesadaran, citra, kualitas dan loyalitas (Konecnik. 2010).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keseluruhan ekuitas merek mulai dari awareness, image, quality dan loyality. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan domestik yang pernah berkunjung ke destinasi wisata pantai di Kabupaten Karawang. Tekniksampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling khusunya cluster sampling dengan teknik analisis menggunakan analisis jalur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku dan Jurnal:

Damanik, Janianton dan Helmut F. Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta:Andi.

Durianto, Darmadi, dkk. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta:Gramedia

Ford, John B et al. (2013). Customer Based Brand Equity for A Tourism Destination (CBBETD): The Spesific Case of Bandung City, Indonesia. Organizations and Markets in Ememrging Economies – Volume 4, Number 1 (2013).

Go., Frank M dan Robert Govers (Eds). (2010). International Place Branding Yearbook 2010 Place Branding in the New Age of Innovation New York: Palgrave Macmillan.

Goeldner, Charles R dan JR Brent Ritchie. (2009). Ed.9. Tourism:Principles,Practises, Philosophies. New Jersey:John Wiley & Sons.

Ismayanti. (2009). Pengantar Pariwisata. Jakarta:Grasindo

Konecnik, Maja dan William C. Gartner. (2007). Customer based brand equity for a destination.Annals of tourism research vol. 34 No. 2 pp 400-421

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14e. New Jersey: Pearson Education

Rangkuti, Freddy. (2009). The Power of Brand. Jakarta:Gramedia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta:Andi

Park, Yumi dan David Njite. (2010). Relationship between Destination Image and Tourist’ Future Behavior:Observations from Jeju Island, Korea. Asia

Pacific Journal of Tourism Research, Vol 15, No 1, March 2010.

Internet:

http://www.karawangkab.go.id

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Published

2017-12-28