PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN SAUNG ENDAH KARAWANG

Authors

  • uus md fadli

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i1.1217

Abstract

Kepuasan Pelanggan merupakan Sikap keseluruhan yang dimiliki konsumen terhadap barang atau jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Kepuasan Pelanggan dapat dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan. Kualitas Pelayanan merupakan strategi utama untuk dapat memenangi persaingan pada industri bisnis rumah makan.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu khususnya : Manajemen, Manajemen Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan metode Incidental Sampling dengan jumlah sampel 233 responden dari populasi 700 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan :

  1. Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh RM Saung Endah Karawang, berdasarkan hasil analisis indikator-indikator, diperoleh berada pada garis rentang skala 792,2-987,6 dan dinilai baik.
  2. Kepuasan Pelanggan berdasarkan hasil analisis indikator-indikator, diperoleh berada pada garis rentang skala 792,2-978,6 dan dinilai puas.
  3. Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 13,4 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Ke-9. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu SP. 2011. Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Cetakan Ke-9. Jakarta: Bumi Aksara

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-13. Jakarta: Erlangga

Nasution. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Cetakan Ke-3. Bogor: Ghalia Indonesia

Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung. Alfabeta

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta

Robbins, P. Stephen & Mary Coulter. Manajemen. Edisi Ke-10. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2012. Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

________. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Ke-1. Edisi Ke-2.Bogor: Ghalia Indonesia

Tanjung, Hendri & Syamsul Ma’arif. 2003. Manajemen Operasi. Jakarta: PT Gramedia

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-2. Yogyakarta: Andi

____________. 2005. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Andi

____________. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi

Umar, Husein. 2009. Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Winarsih, Atik Septi & Ratminto. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Cetakan Ke-6 Yogyakarta: Ekonisia

Sumber Internet:

Indikator Jumlah Penduduk. 2013 http://karawangkab.bps.go.id/

Persaingan Bisnis. 2012. http://female.kompas.com/

BPS Restoran. 2012. http://www.blog.renggagumilar.com/daftar-rumah-makan-di-kabupaten-karawang/#sthash.txt8gzfM.dpbs

Industri Kreatif Dunia Kuliner. 2012. http://www.academia.edu/3823379/

Perkembangan retoran Karawang. 2012. http://www.parekraf.go.id/

Pertumbuhan Foodservice Nasional. 2014. http://www.tribunnews.com/bisnis/2

http://www.karawangkab.go.id/tags/disbudpar

Rekapitulasi Jumlah Penduduk. 2013. http://karawangkab.bps.go.id/

http://kpu.go.id/dmdocuments/%288.1.2013%29%20JABAR.pdf

http://ekonomi.kompasiana.com

Jurnal :

Jaisy Agniarahim Putritamara. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Brand Image pada Rumah Makan Ayam Penyet Suroboyo. Universitas Brawijaya Malang

Ndaru Prasastono & Sri Yulianto. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di KFC Semarang Candi. Universitas Stikubank Semarang

Qingqing Tan. 2014. Service Quality and Customer Satisfaction Chinesse Fast Food Sector. University of Wolverhampton

Published

2018-04-04