PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT POST ENERGY INDONESIA

Authors

  • Sonny Hesona GW

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i1.1221

Abstract

Dalam suatu perusahaan, kepemimpinan merupakan salah satu yang terpenting tanpa pemimpin disebuah perusahaan atau lembaga maka perusahaan itu tidak akan berjalan  seperti biasanya, semua tujuan perusahaan tidak mungkin tercapai tanpa peran seorang pemimpin.

Peranan pimpinan untuk memotivasi kerja karyawan menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Pekerja harus mampu menangkap berbagai dorongan yang diberikan oleh perusahaan sehingga dapat memacu motivasi kerjanya disamping juga meningkatkan kemampuan kerjanya.

Kinerja karyawan pada dasarnya merupakan hal yang di perlukan oleh perusahaan. Apabila kinerja karyawan baik maka akan berpengaruh positif bagi perusahaan dalam mencapai tujuan yang optimal, dalam mewujudkan tujuan yang optimal tentunya perusahaan memerlukan kinerja karyawan.

Menurut tujuan penelitian ini merupakan penelitian terapan, dengan metodologi penelitian survey, menurut tingkat eksplansinya di lakukan dengan penelitian asosiatif analisis yang digunakan yaitu data kuantitatif. Dengan menggunakan metode analisis Skala Likert, Rentang Skala, Methods Successive Interval, Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Normalitas data, Korelasi Product Momen, Path Analyze, dan Hipotesa.

Berdasarkan hasil penelitian, pengumpulan data dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut :

  1. Karyawan menyatakan setuju dengan kepemimpinan yang dilakukan di PT. Post Energy Indonesia yang berdasarkan hasil rekapitulasi kuisioner variabel kepemimpinan dengan sub variabel fungsi tugas, fungsi pemeliharaan, intelektual, emosional, dan sosial dengan jumlah nilai rentang skala sebesar 410,8 yaitu berada pada daerah setuju.
  2. Karyawan juga menyatakan setuju dengan Motivasi yang di berikan PT. Post Energy Indonesia yang berdasarkan hasil rekapitulasi kuisioner variabel motivasi dengan sub variabel kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri dengan jumlah nilai rentang skala sebesar 411,4 yaitu berada pada daerah setuju.
  3. Kinerja karyawan menyatakan setuju oleh PT. Post Energy Indonesia berdasarkan hasil rekapitulasi kuisioner variabel kinerja dengan sub variabel faktor kemampuan, faktor motivasi, dan faktor rating pegawai dengan jumlah nilai rentang skala sebesar 408,7 yaitu berada pada daerah setuju.
  4. Kepemimpinan dan Motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Post Energy Indonesia dengan nilai koefisien determinasi 44,2 %. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis, bahwa tingkat nyata 1 % db sebesar 102 sehingga di dapat nilai t  tabel 2,639 dan dari perhitungan t hitung didapat nilai 3,011 dengan pengertian bahwa t hitung > t tabel dan ini berarti Ho di tolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djatmiko, Yayat Hayati, 2008. Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabeta

Fathoni Abdurrahmat, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hasibuan S.P Malayu, 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah.Edisi Revisi,Jakarta : Bumi Aksara

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nawawi Uha, Ismail, 2013. Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

P Darsono, 2010. Budaya Organisasi : Kajian Tentang Organisasi, Budaya, Ekonomi, Sosial dan Politik. Jakarta : Nusantara Consulting

Sembiring Masana, 2012. Budaya dan Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerintahan). Bandung : Fokus Media

Suharsono, 2012. Pengetahuan Dasar Organisasi. Jakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya (PUAJ)

Sutrisno Edi, 2011. Budaya Organisasi. Jakarta : Kencana Predana Media Group

Thoha Miftah, 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers

Torang Syamsir, 2013. Organisasi dan Manajemen. Bandung : Alfabeta

Yani, Asep Tapip, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Humaniora

http://jurnal-sdm.blogspot.com/

Published

2018-04-04