HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KETERAMPILAN KARYAWAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA DIVISI PRODUKSI PT TOYOBO KNITTING INDONESIA KARAWANG

Authors

  • Cecep Hermana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadan Ahmad Fadili Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i2.1266

Abstract

Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui tindakan manajemen perusahaan dalam usaha membina kedisiplinan karyawan dan meningkatkan keterampilan karyawan dan hubungannya dengan produktivitas kerja karyawan sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi untuk tercapainya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Menurut Malayu SP. Hasibuan (2000:70) Dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia baik itu kedisiplinan ataupun keterampilan, maka produktivitas  kerja karyawan akan meningkat, kualitas dan kuantitas produksi semakin membaik, karena technical skill, human skill, dan managerial skill  karyawan yang semakin membaik.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriktif, yaitu dengan mengumpulkan data serta menganalisis sehingga diperoleh kesimpulan atas permasalahan yang sedang diteliti.

Hasil penelitian Hubungan Kedisiplinan dan Keterampilan Karyawan dengan produktivitas kerja karyawan pada PT. Toyobo Knitting Indonesia selanjutnya dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Hubungan kedisiplinan karyawan dengan produktivitas kerja karyawan di peroleh nilai sebesar 0,561, ini berarti terdapat hubungan yang tidak terlalu kuat (sedang).
  2. Hubungan keterampilan dengan produktivitas kerja karyawan dalam perhitungan data di peroleh nilai sebesar 0,619 ini berati terdapat hubungan yang kuat.
  3. Hubungan kedisiplinan dengan keterampilan karyawan di peroleh nilai sebesar 0,713 nilai ini juga berarti terdapat hubungan yang kuat.
Hubungan antara kedisiplinan dan keterampilan karyawan secara bersama-sama dengan produktivitas kerja karyawan di peroleh nilai sebesar 0,642 ini pun berarti terdapat hubungan yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Wahyudi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Sulita, Bandung 1996.

Bambang Kusriyanto, Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Pustaka Binoman Pressindo, Jakarta, 1990.

Flippo, Edwin B, Manajemen Personalia, alih Bahasa Moh. Masud, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1990.

Hani Handoko, T, Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta, 1990.

Hasibuan Malayu, S.P, Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar Dan Kunci Keberhasilan, Penerbit CV. Haji Masangung, Jakarta 1990.

………………, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2000.

Simanjuntak Payaman J, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 1998.

Sudjana, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung, 1991.

Sugiyono, Metoda Penelitian Administrasi, Alfabet, Bandung, 2001.

Peraturan Perusahaan PT Toyoba Knitting Indonesia, 2000

Vincent Gasverz, Manajemen Bisnis Total, Edisi Pertama, Ghalia, Jakarta, 1998.

Published

2018-04-15