PENGARUH IKLAN MEDIA CETAK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA FITNESS CENTER ARGON DI KOTA BEKASI

Authors

  • salim siregar

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i2.1327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menemukan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh iklan media cetak dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung fitness center Argon di Kota Bekasi. Teknis sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling dengan proporsional Insidental Sampling dengan jumlah responden 120 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pengaruh langsung yang menunjukan bahwa iklan media cetak dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Kemudian ditemukan pula bahwa Word of Mouth yang positif dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Demikian juga pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa iklan media cetak yang semakin sering dan mengajak dapat meningkatkan keputusan berkunjung melalui word of mouth. Begitu pula pengaruh tidak langsung antara word of mouth yang semakin positif akan meningkatkan keputusan berkunjung melalui iklan media cetak. Selain itu terdapat pengaruh simultan antara variabel iklan media cetak dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung fitness center Argon di Kota Bekasi. Hal ini menunjukkan semakin baik iklan media cetak dibuat dan word of mouth yang positif dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Implikasi penelitian ini adalah perlu melakukan perbaikan-perbaikan utamanya pada pembuatan iklan media cetak dan word of mouth yang positif untuk meningkatkan keputusan berkunjung. Informasi yang jelas, tepat dan lengkap diperlukan agar dapat menimbulkan perkataan yang positif yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan keputusan berkunjung pada pusat kebugaran (fitness center). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Keegan, Warren. 2007. Manajemen Pemasaran Global Edisi Keenam. Alihabasa oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Indeks.

Kotler & Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Alihbahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Indeks.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1 dan 2. Erlangga.

Lee, Monle & Johnson, Carla. 2011. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Alihbahasa oleh Haris Munandar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Manullang. 2006. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Nuriyani, Sri. 2014. Analisis Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk Di Semarang. Universitas Diponegoro: Semarang.

Rahman, Dede. 2015. Pengaruh Public Relations Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mengunjungi Di Wisata Pantai Tanjung Pakis Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang : Karawang.

Robbins, Stephen. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh Jilid 1. Alihbahasa oleh Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Published

2018-04-15