PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Anwar Musadad

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1536

Abstract

Terselenggaranya good governance merupakan pra syarat utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan dan cita- cita bangsa dan negara. Dalam rangka itu diperlukan pengembangan dan penerapan system pertanggung jawaban yang tepat, jelas dan nyata, sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN.
Perlu diperhatikan pada adanya mekanisme untuk meregulasi akuntabilitas pada setiap instansi pemerintah dan memperkuat peran dan kapasitas institusi parlemen, serta tersedianya akses yang sama pada informasi bagi masyarakat luas. Pengukuran kinerja suatu instansi pemerintah merupakan salah satu bentuk untuk menilai prestasi kerja dan keberhasilan kepemimpinan dalam rangka mewujudkan good governance.
Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang berada pada dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Karawang sebanyak 98 orang. Penentuan besarnya sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%, sehingga didapat sampel sebanyak 50 reponden.
Hasil dari penelitian ini menunjukka t? sama dengan (7,335) > t? (1,645), maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima, artinya hubungan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kinerja pegawai sangat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadari, Nawawi. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Gajah Mada University Press, Bulaksumur, Yogyakarta. Priansa, Donni Juan. 2016. Perencanaa dan Pengembangan SDM . Alfabeta: Jakarta

Published

2019-01-23