STRATEGI TRANSFORMASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Mardiana T

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1537

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hubungan variabel kepemimpinan transformasional, strategi bisnis, dan budaya perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Adapun lingkup penelitian  dalam studi ini adalah Bank XYZ Indonesia. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar ke 275 responden dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM) terdiri dari analisis model secara keseluruhan (full model) dan regression weight untuk membuktikan atas hipotesis yang diajukan. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut : ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap strategi bisnis perusahaan, ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi bisnis perusahaan terhadap kinerja perusahaan, ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja perusahaan, ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap budaya perusahaan, dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya perusahaan terhadap kinerja perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed Esra, dan Allam Hamdan (2015), “The Impact of Corporate Governance on Firm Performance: Evidence From Bahrain Bourse”, International Management Review Vo.11 No.2

Ashley Allan dan Jayen B. Patel (2003), “The Impact of Leadership Characteristics on Corporate Performance”, International Journal of Value-Based Management. 16: 211-222.

Bass, B.M. (1996),“Theory of Transformational Leadership Redux”’The Leadership Quarterly, 6(4), 463-478.

David, Fred R. (2001), “Strategic Management Concepts and Cases”,8th edition, New Jersey: Prentice Hall.

Faulkner, D. and Bowman, C. (1995), “The Essence of Competitive Strategy”, Prentice Hall, Hemel Hempstead.

Ferdinand, A., (2006), “Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis S-2 dan Disertasi S-3”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kaplan R.S. and Norton D.P., (1996). “Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action”, Harvard Business Review.

Kasali, Rhenald. (2014),“ Let’s Change!”, PT Kompas Media Nusantara, Cetakan keempat 2014.

Lathan, John R (2014), “Leadership for Quality and Innovations : Challenges, Theories, and a Framework for Future Research”, The Quality Management Journal; 21 pg.11.

Nguyen Nam Hai & Sherif Mohamed (2011), “Leadership Behaviors, Organizational Culture and Knowledge Management Practices : An Empirical Investigation”, Journal of Management Development Vol.30 No.2

Ojo, Olu (2009), “Leadership Behaviour and Organization Transformation: A Theoritical & Empirical Analysis”, Annal of University of Bucharest, Economic and Administrative Series Nr.3.185-199.

Oivind Dag Madsen & Stenheim (2015), “The Balance Scorecard: A Review of Five Research Areas”, American Journal of Management Vol.15 (2).

Pearce II, John A. & Robinson, Jr. Richard B. (1996), “Strategic Management Formulation, Implementation, and Control”5th edition, Irwin.

Porter, Michael E. (1985), “Competitive Advantage: Techniques for Analyzing Industries and Competitors”, New York: Free Press.

Soedjono (2005), “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7 (1): 22-27.

Sugiyono (2011), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Alfabeta, Bandung.

Wheelen, T. and Hunger, D. (2012), “Strategic Management and Business Policy”, 13th. Prentice Hall.

Wijanto SH (2007), “Structural Equation Modeling”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wirawan (2007), “Budaya dan Iklim Organisasi : Teori Aplikasi dan Penelitian”. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Published

2019-01-23