PENGARUH PLACE BRANDING DAN CITRA TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA TAMAN SRI BADUGA KABUPATEN PURWAKARTA

Authors

  • dede tiana
  • Abdul Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1692

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Place Branding dan Citra terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Taman Sri Baduga Purwakarta baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 16.

Hasil Penelitian menunjukkan Place Branding Taman Sri Baduga Purwakarta berada pada kriteria  Setuju yang berarti bahwa upaya memperkenalkan Taman Sri Baduga sudah dapat diterima dengan baik, Citra Taman Sri Baduga Purwakarta berada pada kriteria  Setuju yang berarti bahwa citra Taman Sri Baduga dinilai baik oleh para pengunjung, Keputusan Mengunjungi Taman Sri Baduga Purwakarta berada pada kriteria Setuju yang berarti bahwa indikator pada keputusan berkunjung menjadi alasan kunjungan mereka pada Taman Sri Baduga. Terbukti terdapat pengaruh place branding dan citra destinasi terhadap keputussan berkunjung pada Taman Sri Baduga Purwakarta.

Kata Kunci : Place Branding, Citra, Keputusan Mengunjungi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Kotler & Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Alihbahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Indeks.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1 dan 2. Erlangga.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Yananda dan Salamah. 2014. Branding Tempat Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta : PT. Makna Informasi Indonesia.

Jurnal :

Abdul Yusuf dan Eman Sulaeman. 2014. Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Place Branding Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Pantai (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara di Kabupaten Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No.1 Januari – Maret 2014: 87-94.

Bidriatul Jannah. 2014. Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Banyuwangi. Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 17 No. 1 Desember 2014| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Tresna Wulandari. 2013. Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata (Survei terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis - Vol. 04, No. 01. Maret 2013.

Published

2019-01-23