STRATEGI PERBANKAN SYARIAH DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN IB MASLAHAH DI BANK BJB SYARIAH KCP CIANJUR

Authors

  • didit supriyadi
  • Aulia Delvina

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1693

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan perusahaan jasa perbankan yang bersaing untuk menawarkan berbagai produk perbankan kepada para calon nasabahnya. Upaya meningkatkan jumlah nasabah Bank bjb syariah dilakukan dengan promosi yang disinyalir kurang berpengaruh pada pertambahan jumlah nasabah, selain itu melakukan pemindahan lokasi pelayanan.ke Jalan Ir. H. Djuanda Selakopi  yang dipandang lebih strategis dan terletak di pusat keramaian.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Self Promotion terhadap Jumlah Nasabah dan pengaruh Pemilihan Lokasi terhadap Jumlah Nasabah serta pengaruh Self Promotion,Pemilihan Lokasi secara simultan terhadap jumlah nasabah. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survey yang bersumber kepada data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan pendekatan kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Self Promotion dan pemilihan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap jumlah nasabah tabungan iB Maslahah di Bank bjb Syariah KCP Cianjur. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, Chaedar. Pokoknya kualitatif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya dengan Pusat Studi Sunda,2006.

Arikunto, Suharsimi,Manajeman Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta,2005.

. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta,2006

Asro dan Kholid, Fiqh Perbankan. Bandung: Pustaka Setia,2011

Basu, Swastha,Manajemen Pemasaran I, Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE,2001.

Basu Swastha dan Irawan,Manajemen Pemasaran Modern, edisi kedua cetakan ke sebelas. Yogyakarta: Liberty Offset,2003.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko,Manajemen Pemasaran, Edisi ke tiga. Jakarta: Erlangga,1987.

Boone Louise E. dan David L. Kurtz,Pengantar Bisnis, Edisi 1 Jilid 2, Terjemahan Fadrinsyah Anwar, Emil Salim, Kusnedi. Jakarta: Erlangga,2002

Buchari, Alma,Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta,2002

Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta,2006

Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta,2007.

Cutlip M Scott, Center H Allen dan Broom M Glen,Effective Public Relations, Edisi ke-9. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2006.

Danupranata, Gita,Manajemen Perbankan syariah. Jakarta: Salemba Empat,2013.

DSN MUI,Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI, Cetakan Ketiga, Edisi Revisi. Jakarta: CV. Gaung Persada,2006.

E. Jerome Mccarthy dan Wiliam D.Perreaault,Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga,1995.

Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga,2000.

Imam, Ghozali,Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,2011.

Ismail,Manajemen Perbankan dari teori menuju Apliasi. Jakarta: Kencana

Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2003.

Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2012.

Kotler, Philip,Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2. Jakarta: Prehallindo,2002.

. Manajamen Pemasaran, Edisi II Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia,2005.

Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat,2007.

Kotler, Phillip dan Amstrong Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2, edisi ke-8. Jakarta: Erlangga.2001.

. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education,2012.

Kotler, Philip & Kevin Lane KellerMarketing Management. Twelfth Edition: Pearson,2006.

Kriyantono, Rachmat,Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2008.

Kuswana, Dadang,Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV. Pustaka Setia,2011.

Lupiyoadi, Rambat,Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat,2001.

Maesaroh, Imas,Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Produk Tabungan BRIS iB pada Bank BRI Syariah KCP Warungkondang. Skripsi Sarjana pada Ekonomi Syariah UNSUR Cianjur: tidak diterbitkan,2013.

Moleong, Lexy. J,Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya,2006

Nazir, Moh,Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia,2005.

Prasetyo Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.2006

Priyatno, Duwi,Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: Mediakom. ,2011.

Ridwan,Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah/Swasta. Bandung: Alfabeta,2004.

Ruslan, Rosady,Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers,2001.

Saladin, Djaslim,Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank, si Pertama. Bandung: CV. Mandar Maju,1994

,Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Linda Karya,2002

Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya,2003.

.Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan, Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya,2006.

Santoso, Singgih,Statistik Multivariat. Jakarta: PT Gramedia,2010.

Sekaran, Uma,Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat,2009.

Shimp, Terence A,Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga,2000.

Sinungan, Muchdarsyah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara,2003.

Sugiyono,Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alphabeta,2011.

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2012.

Suharyadi, Purwanto,Statistika Dasar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,2004.

Sonardjo, dkk,Al-Quran dan Terjemahan. Jakarta: Departemen Agama RI,2002.

Sunyoto, Danang,Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: CAPS,2002.

Suparmo, Ludwig,Aspek Ilmu Komunikasi dalam Public Relations. Jakarta: PT. Indeks,2011.

Sutisna,Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2002

Sutopo,Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret,2006.

Sutrisno, Hadi,Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi,1980.

Tim FAI,Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Cianjur: Tim Penyusun,2013.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,2003.

Tjiptono, Fandy,Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi,2000.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Veithzal, Rivai,Bank and Financial Institute Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2007.

Published

2019-01-23