ANALYTICAL FACTORS THAT AFFECTING THE STUDENT SATISFACTION IN UNIVERSITY OF SINGAPERBANGSA KARAWANG, INDONESIA

Penulis

  • Fifi Franto Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3415

Abstrak

Penelitian mini ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan siswa dengan layanan pendidikan di University of Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), sebuah studi kasus siswa di University of Singaperbangsa Karawang. Data adalah data primer dan diolah menggunakan analisis faktor. Sampel yang diteliti adalah 340 siswa studi silang di UNSIKA. Variabel yang diteliti adalah 1 variabel. Ada 5 sub variabel dengan 16 indikator. Data-data ini diproses dengan menggunakan versi SPPS 24.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil 5 sub variabel dengan 16 indikator dianalisis dengan model analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan siswa di UNSIKA meliputi 4 faktor, yaitu kebersihan kelas, kesesuaian antara biaya dan fasilitas, citra UNSIKA dan Layanan Akademik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi , Prof, Dr. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta : Rineka Cipta.

Budi, Santoso. (2008). Upaya Peningkatan Manajemen Perguruan Tinggi Swasta agar dapat Bersaing di Era Global. Materi Dies Reader Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta: UPY Yogyakarta.

Detha, Rintiansyah Putri. (2012). Kepuasan Warga Sekolah TerhadapImplementasi Sistem Manajemen Mutu Dalam Hal Pelayanan Di SMKN 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

De Vries Jr, Wouter, Piet Van helsdingen, and Ton Borchert. (2012). Services Marketing Management, an introduction 1st edition. Gronigen: Noordhoff Uitgevers Gronigen.

Hague, Paul. A Practical Guide To Market Research. Surrey: B2B International.

Irawan, Handi. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Kotler, Philip , and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15th edition. Pratince Hall: Pearson.

Lancaster, Geoff , and Lester Massingham. (2011). Essentials Of Marketing Management. New York: Routledge.

Martin, Michaela, and Shreya Parikh. (2017). Quality Management in HigherEducation: Developments and Drivers (Results from an International Survey. Paris: International Institute for Educational Planning.

Marzuki, Mahmud. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta : Raja Graffindo.

Muhammad, Joko Triono. (2012). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Skripsi. IAIN Walisongo Semarang.

Reminta Lumban Batu. (2013). Analisis Citra Perguruan Tinggi Amerika Serikat Terhadap Keputusan Untuk Melanjutkan Studi (Survei Pada Komunitas Persatuan Mahasiswa Indonesia Di Amerika Serikat) Universitas Pendidikan Indonesia, 48–72.

Renata, Arimawati. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Sarstedt, Marko, and Erik Mooi. (2014). A concise Guide to Market Research (The Process, Data and Methods Using IBM SPSS Statistics) 2nd edition. London: Springer Heidelberg Dordrecht.

Sinta, Hadiyantina. (2012). Pelayanan Prima Di Dalam Dunia Kependidikan. Materi: Disampaikan pada Workshop Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang.

Siti Maisaroh. (2005). Pengaruh Manajemen Mutu Layanan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Universitas PGRI Yogyakarta. Laporan Penelitian. Universitas PGRI Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susetyo, Budi, M.pd, Dr. (2010) Statistika untukAnalisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Weerangsinghe, IM Salinda., R.Lalitha.,S. Fernando. (2017). American Journal of Educational Research (Literature Review). Institute, 4, 689-731

Diterbitkan

2019-03-31

Cara Mengutip

Franto, F. (2019). ANALYTICAL FACTORS THAT AFFECTING THE STUDENT SATISFACTION IN UNIVERSITY OF SINGAPERBANGSA KARAWANG, INDONESIA. Value : Journal of Management and Business, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3415