INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSER ON PURCHASING DECISIONS FOR SLIMMING PRODUCTS (CASE STUDY ON USERS OF WRP PRODUCTS IN KARAWANG)

Authors

  • Reza Pahlevi SMK Taman Siswa Cikampek

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3420

Abstract

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial (Produk Pelangsing WRP)" adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat tanggapan generasi milenial terhadap pengaruh para pendukung selebriti terhadap pembelian produk pelangsing WRP melalui media sosial dengan usia mulai. dari usia 16 hingga 35 tahun, sehingga bisa memberikan gambaran tentang fakta yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei penelitian deskriptif verifikatif, yang bertujuan untuk memberikan tanggapan terhadap celebrity endorser dan pengaruh keputusan pembelian yang melibatkan generasi milenial. Berdasarkan analisis, endorser selebriti dapat memengaruhi keputusan untuk membeli produk WRP pada generasi milenial melalui media sosial. Hal ini dapat dilihat pada respons positif responden untuk setiap indikator sub-variabel pendukung selebriti dan keputusan pembelian. Dengan tingkat yang disepakati masing-masing 92,2% dan 91,5%, uji reliabilitas menunjukkan bahwa pendukung selebriti di media sosial memengaruhi keputusan pembelian produk WRP di kalangan generasi milenial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hair, Joseph F, Black, William C, Babin Barry J and Anderson Rolph E. 2010. Multivariate Data Analysis A Global Perspective, 7th Edition. Pearson.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman – Pengalaman, Edisi 5. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2014. Principle of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management (Global Edition), 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Royan, Frans M. 2014. Create Sales Territory for Maximum Sales. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sudjana, Nana Dr. dan Ibrahim, Dr. MA. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Adjnu Damar Ladkoo. 2018. The Impact of Celebrity Endorsement on Brand Knowledge: A Comparative Study in Mauritius. Mauritius. University of Mauritius.

Dadan Abdul Aziz Mubarok. 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Bandung. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun.

Dr. Parul Deshwal. 2015. Impact of Celebrity Endorsement On Sales. New Delhi. Maharaja Surajmal Institute.

Dr. Raed Ahmad Momani. 2015. The Impact of Brand Dimension on the Purchasing Decision Making of The Jordanian Consumer for Shopping Goods. Jordan. University of Petra.

Febriana, Merry Bella, Yulianto, Edy, Sunarti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Sepatu Merek Converse di Kota Malang). Malang. Universitas Brawijaya.

Kwee Nadia Varcellia King, Eristia Lidia Paramita. 2016. Foodstagram Endorsement and Buying Interest In Cafe/ Restaurant. Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Shaista Kamal Khan, Aroobah Rukhsar, Maria Shoaib. 2016. Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention. Pakistan. Jinnah University.

Syauqi, Andriani, Brillyanes. 2018. The Influence of Brand Awareness and Product Attribute Toward Purchase Decision. Malang. Universitas Brawijaya.

Published

2019-03-31