PENGARUH IKLAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA TERHADAP KESADARAN DIRI REMAJA DI KALANGAN GENERASI MILLENNIALS

Authors

  • Irmawati Tambunan Yayasan Nommensen Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis seberapa besar pengaruh iklan layanan masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba bisa menyadarkan diri remaja juga memberikan kontribusi dalam penurunan data angka prevelansi penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan kuesioner terhadap pihak yang terkait dengan penelitian. Selain itu, penulis juga melakukan penelitian kepustakaan melalui jurnal-jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Adapun Hasil Penelitian mengenai Pengaruh langsung Iklan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba terhadap Kesadaran Diri Remaja adalah 44,4%. Hal ini menunjukan Iklan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba memiliki pengaruh cukup besar terhadap Kesadaran Diri Remaja Di Kabupaten Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNN, P. (2017). Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Penelitian Data dan Informasi Badan Narkotika Nasional.

Buku Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa. (2015). Karawang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.

Hidayat, F. (2016). Dampak Sosial Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja di Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.

Amanda, M. P. (2017). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian & PPM, 129-389.

BNN, P. (2018). Hasil Survei Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa di 18 Provinsi Tahun 2016. Jurnal Data Puslidatin BNN.

Emilkamayana. (2013). Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI Anti Rokok Terhadap Perilaku Merokok di Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara. e-Journal Ilmu Komunikasi, 1-10.

Goleman, D. (1996). Emotional Intellegence Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books. Susilowati. (2015). Skripsi "Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Untuk Peningkatan Self Awareness Peserta Didik". Bandung: Perpustakaan.upi.edu.

Febri, I. W. (2018). Restricted Narration Pada Penciptaan Iklan Layanan Masyarakat "Remaja Anti Narkoba". Program Studi Televisi dan Film, PDD Institut Seni dan Budaya Kalimantan Timur, 1-10.

J.D, L. (n.d.). Iklan Kesadaran Remaja (Studi kasus Korelasi Tentang Pengaruh Tayangan Iklan BKKBN Versi Pernikahan Dini - Hindari 4T) Terhadap Kesadaran Remaja Kelurahan Tegal sari Mandala.

Kristiani, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 196-201.

Kotler, P. &. (2008). Manajemen Pemasaran. PT Glora Aksara Pratama. Edisi Ke-12 Jilid 1.

Kotler, P. &. (2009). Manajemen Pemasaran. PT Gelora Aksara Pratama. Jilid 1.

Libradika, M. H. (2015). Skripsi "Pengaruh Iklan Masyarakat Hemat Listrik PT. PLN versi linda Kandau Terhadap Sikap Masyarakat Dalam Penggunaan Listrik". Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga .

Ridwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rosadi, C. (2017). Skripsi "Pengaruh Personal Selling dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Oriflame Cosmetics (Survei pada Pengguna Oriflame di Telukjambe Karawang)". Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sari, M. P. (2013). Skripsi "Iklan Layanan Masyarakat di Televisi Dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia Depok Terhadap Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi "jangan buru-buru". Depok: Universitas Indonesia.

Steven J stein, a. B. (2003). Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses . Bandung: Kaifa.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-03-31