Pengaruh Penghargaan Dan Hukuman Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pt. China Glaze Indonesia

Authors

  • Eva Fitrilia Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan membuktikan tentang fenomena yang terjadi Pada PT China glaze dengan menganalisa seberapa besar pengaruh Penghargaan dan Hukuman yang ada di PT China Glaze Indonesia terhadap Motivasi Kerjanya, dan juga menganalisa seberapa besar Pengaruh Motivasi tersebut terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam menganalisa yaitu dengan penggunakan  analisa deskriptif dan verifikatif, Pada Analisi verifikatif  peneliti menggunakan  Path Analysis yaitu dengan meneliti seberapa tingkat hubungan antar variabel dan seberapa besar pengaruh pada masing masing variabel baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengerjaannya peneliti memilih untuk menggunakan SPSS sebagai alat hitung untuk menghitung nilai korelasi dan regresi antar variabel Penghargaan, (X1) Hukuman (X2), Motivasi (Y) dan Kinerja (Z). Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan  simpulan bahwa, Pengaruh Penghargaan karyawan di PT China Glaze Indonesia dapat dikatakan Tinggi , akan tetapi pada indikator Gaji dan Upah yang sesuai, masuk dalam kriteria ragu-ragu yang bermakna gaji yang dterima karyawan masih dianggap standar rata-rata. Hukuman yang berlaku di PT China Glaze Indonesia dapat dikatakan Tinggi,  Penghargaan (X1)  berpengaruh terhadap Motivasi Kerja (Y) sebesar 26,94%. Terdapat pengaruh Hukuman (X2) terhadap Motivasi Kerja (Y) sebesar 21,34%..Penghargaan (X1) dan Hukuman (X2) secara simultan  berpengaruh terhadap Motivasi Kerja karyawan (Y) sebesar 48,3 %, Pengaruh Motivasi Kerja (Y) terhadap Kinerja karyawan (Z) di PT China Glaze Indonesia sebesar 37,1%, sisanya sebesar 62,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku dan Jurnal

Blaine, 2008. “Is Punishment or Reward the More Powerful in Motivating Employees?”.http://www.termpaperwarehouse.com. Diakses pada tanggal 24 Maret 2016

Dharma, Agus. 2003. “manajemen Pretasi Kerja. Jakarta: CV Rajawali.

Ebert, Ronal J.dkk. 2006. “Bisnis” . alih bahasa Soemarnagara. Jakarta: Erlangga.

Febrianti, Silfia. 2014. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Pt. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang)”: Jurnal.

Goghari, Payam. 2013. “Relationship Between Rewards And Employee Performance: A Mediating Role Of Job Satisfaction”: Internasional Jurnal.

Hasibuan, Malayu SP. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia” Jakarta : PT Buana Aksara.

Iqbal, M Hasan. 2002. “Pokok-pokok materi statistik 2 (statistik intensif)”. Jakarta : Bumi Aksara.

Ivancevich ,John M. Dkk. 2007.perilaku dan management organisasi,Terjemahan edisi ke 7 jilid 1.Erlangga . Jakarta.

Jayanti, Novita Dwi. 2014. “Peran Reward and Punishment Dalam Rangka Peningkatan Produktifitas Kerja Pegawai Pada BANK (Studi pada PT. BANK Rakyat Indonesia Cabang Malang): Jurnal.

Karami, Amin, 2013. “Analyzing The Effectiveness Of Reward Management System On Employee Performance Through The Mediating Role Of Employee Motivation Case Study: Isfahan Regional Electric Company”: Internasional Jurnal.

Kasmir. 2004. “Bank dan lembaga keuangan lainnya.Edisi ke enam”. Jakarta: PT Grafindo Persada

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmiyati, Eni. 2011. “Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Kinerja Karyawan Pada BPRS Harta Insan Karimah”: Jurnal.

Pamungkas, Dini Age. 2012. “Hubungan Reward Dan Punishment Dengan Tingkat Motivasi Karyawan Dalam Mematuhi Peraturan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi Pt.X Semarang): Jurnal.

Prijana. 2005.” Metode Sampling Terapan untuk Penalitian Sosial”. Bandung: Humaniora.

Riduwan. Dkk. 2011. “Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur)” . Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal, dkk. 2008. “Performance Appraisal”.Edisi kedua. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal.2005. “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan”.Edisi 1. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Robins & coulter. 2007. “Manajemen”. Jakarta: Indeks

Saefudin, Asep.dkk. 2013. “Statistika Dasar, Cetakan ke dua”.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siagian, Sondang P. 2003. “Organisasi Kepemimpinan dan perilaku administrasi”. Jakarta: Gunung Agung.

Siagian, Sondang.P. 2012. “Teori Motivasi dan Aplikasinya”. Jakarta : Rineka Cipta

Siahaan, Rumiris. 2013. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii Rambutan”: Jurnal

Siang, C.Kean. 2011. “Punishment as a Price to Pay”. Internasional Jurnal.

Sunyoto, Danang. 2015. “ Penelitian Sumber Daya Manusia : Teori, Kuesioner, Alat Statistik, dan Contoh Riset”. Yogyakarta:CAPS.

Umar, Akmal. 2011. “Pengaruh Upah, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pekerj

Pada Industry Manufaktur Di Kota Makasar”. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Makassar:Jurnal.

Wibowo. 2007. “Manajemen Kerja”. Jakarta : PT Grafindo Persada

Peraturan dan Kebijakan

Buku peraturan perusahaan PT China Glaze Indonesia

Kep.Men, 102/Men/VI/2004

UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 93 Ayat 4

UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 79

UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 82

UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 156

Published

2019-09-30