Pengaruh Media Sosial Marketing Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Rabeto Karawang

Authors

  • Wariz Aziiz Arifin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Media Sosial Marketing dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Rabeto Karawang baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui  kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden dan data sekunder melihat buku-buku (literatur) yang berhubungan dengan masalah penelitian dan dapat melengkapi atau mendukung data primer. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Restoran Rabeto karawang yang berjumlah 584 orang. Pengambilan jumlah sampel  perhitungan dengan menggunakan rumus solvin dengan taraf kesalahan 5% didapatkan jumla sampel sebanyak 237 orang. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS.

Hasil Penelitian menunjukkan Media Sosial Marketing pada Restoran Rabeto Karawang menunjukan hasil dengan kriteria setuju. Artinya media sosial marketing pada Restoran Rabeto Karawang dapat diartikan baik. Perilaku Konsumen pada Restoran Rabeto Karawang  menunjukan hasil dengan kritria setuju. Artinya artinya perilaku konsumen pada Restoran Rabeto Karawang dapat diartikan baik. Keputusan Pembelian pada Restoran Rabeto Karawang menunjukan hasil dengan kriteria setuju. Artinya keputusan pembelian pada Restoran Rabeto Karawang dapat diartikan tinggi. Terbukti terdapat pengaruh yang positif Media Sosial Marketing dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Rabeto Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan 12. Bandung:.

Kotler,dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, jilid 1 &2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12&13. Jakarta: PT Gelora

Kotler, Philip,Gary Armstrong. 2014. Principle of Marketing. 15th Edition. New Jersey Pearson Prectice Hall.

Kotler, Philip,Gary Keller. 2016. Management Marketing. 15th Edition. New Jersey Pearson Education.Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sumarwan, Ujang 2011. Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy .2009. Strategi Pemasaran. Edisi 2, cetakan 7. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumber Jurnal

Arifin, Didin. 2013. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek Indomie). Jurnal administrasi bisnis, vol 3 nomor 2. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

In Saputri, Marheni Eka. 2016. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 15, No 2. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Rahman, Muh. Akil. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dikalangan Mahasiswa. Jurnal, volume 6, nomor 1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin.

Ratnasari, Nunik. 2016. Pengaruh Social Media Marketing dan Perilaku Konsumen Onlinedi Kota Subang terhadap Brand Story pada Aplikasi Instant Messenger Line. Skripsi. Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja.

Saputri, Marheni Eka. 2016. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 15, No 2. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Sumber Internet

Dari https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/472/jumlah-restoran-rumah-makan-menurut-kabupaten-kota-.html (ditelusuri pada 06 Maret 2019,jam 17:08 WIB)

Dari http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/disc-det.php?lang&id=10 (ditelusuri pada 06 Maret 2019,jam 17.36 WIB)

Dari https://www.karawangkab.go.id/dokumen/dinas-pariwisata-dan-kebudayaan (ditelusuri pada 06 Maret 2019,jam 19.44 WIB)

Dari https://www.instagram.com/rabeto_karawang/ (ditelusuri pada 2 Juli 2019,jam 21 : 20 WIB)

Published

2019-09-30