Hubungan Kualitas Siaran Dan Intensitas Menonton Siaran Terhadap Loyalitas Penonton (Studi Kasus Program Acara Kick Andy di Metro TV)

Authors

  • Renaldo Makhmud

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Kualitas Siaran dan Intensitas Menonton terhadap Loyalitas Penonton pada Program Acara Kick Andy di Metro TV baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya di isi oleh responden. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 16.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Siaran  pada program Kick andy di Metro TV berada  pada  criteria  baik.  Selanjutnya  Intenistas  Menonton  Siaran  pada program acara Kick Andy di Metro TV berada  pada  kriteria setuju.  Kemudian, Loyalitas  Penonton  pada program acara Kick Andy berada  pada  criteria   cukup  setuju. Terdapat  hubungan  positif yang kuat yang searah  antara  kualitas  siaran dan intensitas  menonton siaran. Tidak terdapat adanya penngaruh parsial kualitas siaran terhadap loyalitas penonton karena memiliki nilai negatif. Terdapat adanya pengaruh parsial Intensitas Menonton siaran terhadap loyalitas  penonton  secara positif dan signifikan.  Kemudian terdapat adanya pengaruh simultan Kualitas Siaran dan Intensitas Menonton Siaran tehadap  Loyalitas  Penonton  pada program acara Kick Andy di Metro TV secara positif dan  signifkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumber Buku

Kuncoro, Achmad, Engkos dan Ridwan. 2008. Analisis jalur (Path Analysis). Edisi kedua. Bandung:Alfabeta

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistik. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sumber Jurnal

Andayani, P. (2009). Analisis produksi program pemberitaan dunia dalam berita di Televisi Republik Indonesia (TVRI). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/ dspace/ handle/ 123456789/7528

Fanastar, B. (2015). Analisis Proses Produksi Siaran Berita Televisi Khabar Etam Di Tvri, 3(4), 348–360.

Giantika, G. G. (2015). Pengaruh Kualitas Penyiaran dan Kemasan Program Terhadap Kepuasan Menonton Program Musik Inbox SCTV ( Studi Kasus Mahasiswa BSI Pemuda Rawamangun ), VI(September), 24–32.

Komunikasi, F. I., Esa, U., Jakarta, U., & Jeruk, K. (2009). Motif dan pola menonton siaran stasiun tv swasta nasional di kalangan mahasiswa fikom ubhara jaya.

Sos, S. I., & Ii, M. A. P. (2017). Motif Pemilihan Stasiun Televisi Surya Citra Televisi ( Sctv ) Sebagai Tontonan Masyarakat Desa Gas Alam Badak I RT . 26 Muara Badak, 5961, 538–552.

Sumber Internet

Dari https://www.nielsen.com

Dari www.kpi.go.id

Dari www.metrotvnews.com

Dari www.kickandy.com

Published

2019-09-30